Beri Tabung Oksigen Kosong, Wali Kota Evaluasi Manajemen RSUD Pirngadi

Beri Tabung Oksigen Kosong, Wali Kota Evaluasi Manajemen RSUD Pirngadi
BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Medan Bobby Nasution berjanji segera mengevaluasi jajaran manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pirngadi Medan. Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan kualitas layanan medis dan fasilitas kesehatan untuk warga.


”Ini jadi koreksi besar bagi saya kepada manajemen RSUD Pirngadi. Sejak awal sudah saya sampaikan ke manajemen, agar pelayanan yang diberikan di tengah pandemi Covid-19 harus lebih baik lagi,” kata Bobby seperti dilansir dari Antara di Medan.


Hal itu diungkapkannya usai menerima laporan hasil akhir pemeriksaan (LAHP) dugaan RSUD Pirngadi Medan yang memberikan tabung oksigen kosong kepada seorang pasien, sehingga dinyatakan meninggal dunia.


Bobby menegaskan, pihaknya akan menempuh langkah apapun dalam rangka memperbaiki kinerja dan layanan medis di RSUD Pirngadi yang merupakan milik Pemkot Medan tersebut. Sebab, dari lima program prioritas utama Pemkot Medan yang ingin diwujudkan dan paling sering disampaikan wali kota, yakni meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama pada masa pandemi Covid-19 harus lebih baik.


”Ini juga menjadi teguran keras manajamen RSUD Pirngadi. Apalagi sudah ada LAHP dari Ombudsman Perwakilan Sumut dan menjadi koreksi bagi Pemkot Medan,” ungkap Bobby.


Wali Kota mengaku, perbaikan yang dilakukan rumah sakit itu, di antaranya dokter-dokter harus memiliki kompetensi, peralatan medis harus selalu dikontrol atau dikalibrasi agar masyarakat terlayani dengan baik.


”Saya minta Plt Kadis Kesehatan Syamsul Nasution dan Dirut RSUD Pirngadi Suryadi Panjaitan benar-benar mengaktifkan peran kesehatan. Tidak cuma di masa pendemi, tapi senantiasa memberikan pelayanan kesehatan maksimal,” terang Wali Kota Bobby.


Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abyadi Siregar mengatakan, terdapat beberapa poin penting di LAHP terkait adanya maladministrasi dalam kasus meninggalnya salah seorang pasien beberapa waktu lalu.


”Hasil pemeriksaan kami, ternyata tidak pernah dilakukan kalibrasi terhadap regulator tabung oksigen sejak 2018 sampai 2021. Kita sampaikan baik ke RSUD Pirngadi maupun Pemkot Medan agar melakukan proses perbaikan ke depan,” tutur Abdyadi.


Source: Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »