Catatan JR Dt. Bandaro Bendang: Beliau Memang Prajurit Tangguh

BEGITU mendapat khabar bahwa Dr. Andani Eka Putra, M.Sc positif terinfeksi covid-19 Kamis pagi (10 Juni 2021), saya langsung telpon beliau. 

Dengan tenang Andani bercerita, bahwa soal terinfeksi covid-19 hanya menunggu giliran. Sebab, dia sehari-hari bergelumuk-tumuk dengan virus itu sendiri. Semua anggota beliau di Lab telah terpapar covid-19 semuanya.

Menurut Andani, ya wajar saja. Main air pasti kecipratan air, main api pasti sesekali terbakar api. Nah, berurusan dengan virus covid-19 tiap hari, lambat laun akan terpapar juga.

Sejak dari awal, komitmen Andani, perjuangannya, keberaniannya melakukan pemeriksaan sample spesimen covid-19 dengan pola pool test, adalah sesuatu pekerjaan yang menurut banyak orang adalah pekerjaan "gila".

Ya, benar. Andani adalah orang gila, gila dengan pekerjaannya, gila dengan tanggungjawabnya.

Saya tak mau cerita panjang lagi tentang sosok seorang Andani yang telah banyak berbuat untuk negeri. Semua kita telah mengetahui sepak terjangnya dalam perang menghadapi covid-19.

Setiap pagi saya selalu dipasok data hasil lab oleh Andani. Tiada hari buat kami tanpa diskusi. 

Lalu, pagi ini saya kaget karena beliau tetap mengirimkan data hasil lab. Padahal saya tau, bahwa data lab itu sebelum dipublish, harus beliau periksa. Artinya, dia dalam keadaan demam akibat terpapar covid-19, masih tetap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya memeriksa hasil lab seperti biasa tanpa tidur.

Saya tahu persis, selama ini beliau tidur selalu subuh karena memeriksa hasil pemeriksaan sample. Praktis dia tidur hanya 2 atau 3 jam sehari. 

Dengan sedikit agak marah, saya WA beliau "Sakit kok masih juga bekerja, istirahat ajalah dulu".

Dengan enteng dia jawab "insyaa Allah aman".

Padahal saya tahu persis kondisinya saat ini di rawat di ICU Covid-19 M Jamil. 

Ah... Andani... 

Entah apa lagi kata-kata yang mau saya ucapkan. Speechless....

Hanya doa yang mampu saya ungkapkan. Semoga cepat sembuh prajurit tangguh....

JR Dt. Bandaro Bendang
Padang, 11 Juni 2021

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »