Headline

Opini

SOROT

Sports

Ngeri! Varian Delta Bisa Menular Hanya dengan Berpapasan

          Ngeri! Varian Delta Bisa Menular Hanya dengan Berpapasan
Varian Delta Bisa Menular Hanya dengan Berpapasan.

Ngeri! Varian Delta Bisa Menular Hanya dengan Berpapasan
BENTENGSUMBAR.COM - Varian delta yang menjadi salah satu mutasi dari SARS-Cov-2 menjadi salah satu yang paling menular, bahkan bisa menular hanya dengan saling bertemu sesaat. 


Hal ini ditemukan dari percobaan yang dilakukan di Bondi Junction Westfiled, setelah seorang pejabat kesehatan mengatakan varian delta bisa menular hanya dengan kontak sekilas.


New South Wales, salah satu negara bagian Australia menemukan dua kasus positif dari transmisi lokal. Akibatnya pihak otoritas pun khawatir akan adanya penularan varian delta dengan lebih cepat.


Sejumlah tempat yang berpotensi menjadi sumber penularan Covid-19 baru terdaftar pada Sabtu malam, termasuk gym Fitness First di Pitt Street dan Bond Street di Sydney CBD, Salvos Stores di Tempe dan outlet Baby Bunting di Shellharbour di Illawarra.


Dilansir dari SBS News, Australia Barat juga memperketat aturan perbatasan sehingga semua pendatang dari NSW harus menjalani tes pada saat kedatangan atau dalam waktu 48 jam, dan melakukan karantina mandiri hingga mendapatkan hasil negatif. Siapa pun yang telah mengunjungi tempat dalam daftar paparan selama waktu yang relevan harus melakukan karantina sendiri selama 14 hari sejak tanggal paparan mereka.


Menteri Kesehatan NSW Brad Hazzard mengatakan varian Delta, pertama kali ditemukan di India adalah bahaya terdekat sekarang karena sangat mudah menular. Dari kasus yang terjadi di Bondi Junction pasien yang terpapar terlihat dari CCTV hanya berpapasan ketika berbelanja, sehingga hal in bisa terjadi pada yang lainnya di pusat perbelanjaan atau tempat lainnya. 


"Ini adalah virus yang sangat mampu menularkan bahkan ketika kita memiliki jarak yang sangat dekat antara individu yang menularkan dan siapa pun dari kita yang mungkin lewat," kata dia.


"Mereke bertemu tidak lebih dari beberapa detik di suatu tempat dalam kisaran antara 10 dan mungkin 50-60 sentimeter jauhnya dalam situasi yang hanya lewat," lanjutnya. Pantauan ini pun menunjukan kecurigaan bahwa varian Delta bisa menular hanya dengan bertemu. 


Daftar situs paparan COVID-19 telah diperbarui hingga sekarang mencakup 20 tempat di Bondi Junction, Newtown, Redfern, Northmead, Vaucluse, dan Leichhardt.


Source: cnbcindonesia.com

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...