Headline

Opini

SOROT

Sports

Pendakwah Anwar Zahid: Islam Ala Indonesia Tidak Harus Seperti Arab

          Pendakwah Anwar Zahid: Islam Ala Indonesia Tidak Harus Seperti Arab
Sebuah video ceramah dari pendakwah KH Anwar Zahid yang menyinggung soal umat muslim di Indonesia yang mengikuti Islam ala Arab, viral di medsos.

Pendakwah Anwar Zahid: Islam Ala Indonesia Tidak Harus Seperti Arab
BENTENGSUMBAR.COM - Sebuah video ceramah dari pendakwah Ustaz KH Anwar Zahid yang menyinggung soal umat muslim di Indonesia yang mengikuti Islam ala Arab, viral di media sosial.


Video Ustaz Anwar Zahid soal Islam Indonesia tersebut viral usai dibagikan Mantan Politisi Demokrat Ferdinand Hutahaean, seperti dilihat pada Rabu 23 Juni 2021.


Menurut Ferdinand, seharusnya umat Islam Tanah Air bukan meng-Arab-kan Indonesia melainkan sebaliknya meng-Indonesia-kan yang di-Arab-kan.


“Mestinya begini..!! Arab di Indonesiakan bukan Indonesia di arabkan..!,” cuit Ferdinand Hutahaean.


Dalam tayangan video yang dibagikan Ferdinand tersebut, tampak awalnya KH Anwar Zahid meminta kepada jemaah suku Jawa agar bangga dengan adat Jawa.


Demikian pula, menurut Anwar, dengan orang Indonesia yang harusnya bangga dengan budaya Tanah Air.


“Wong Jowo yah harus bangga dengan adat Jawa. Orang Indonesia yah harus bangga dan cinta dengan budaya Indonesia, termasuk dalam beragama,” ujar Ustaz Anwar.


Ia pun lantas menyinggung soal umat muslim di Indonesia yang dalam kehidupan sehari-harinya kerap seperti orang Arab.


Menurutnya, Islam memang datang dari Arab. Namun, kata Anwar, muslim ala Indonesia tidak harus bersikap seperti kearab-araban.


“Ber-Islam ala Indonesia tidak harus kearab-araban. Memang Islam datang dari Arab, tapi Islam tidak semuanya harus Arab. Understand (mengerti)?,” tuturnya.


Anwar Zahid pun kemudian mencontohkan hal itu seperti panggilan ‘ana’ (saya) dan ‘ente’ (kamu). Menurutnya, seharusnya umat Islam di Indonesia tak perlu mengucapkan istilah itu akan tetapi cukup ‘saya’ dan ‘kamu’ saja.


“Yah aku dan sampeyan saja, gak usah ana ente, ana ente. Hidungmu loh pesek,” ujarnya.


Source: terkini.id

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...