Headline

Opini

SOROT

Sports

Perkuat Program Kemitraan, Polres Padang Panjang Bersinergis Bersama Pokdarkamtibmas Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif

          Perkuat Program Kemitraan, Polres Padang Panjang Bersinergis Bersama Pokdarkamtibmas Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif
Perkuat Program Kemitraan, Polres Padang Panjang Bersinergis Bersama Pokdarkamtibmas Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif.
BENTENGSUMBAR.COM - Suasana Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif merupakan salah satu pilar sekaligus indikator terbangunnya kesadaran hukum di tengah masyarakat. Ragam permasalahan (tindak kriminalitas) yang muncul di tengah masyarakat kerap terjadi disebabkan karena rendahnya kesadaran hukum masyarakat, di samping karena adanya potensi ruang untuk bertindak kriminal.

Kehadiran Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) sebagai mitra Polri, salah satunya bertujuan untuk memperkecil potensi ruang bagi masyarakat untuk melakukan pelanggaran hukum, sehingga terbangun kepekaan sosial dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar. Dengan kata lain, keberadaan Pokdarkamtibmas  adalah dengan menempatkan masyarakat sebagai subjek yang berperan aktif dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif.

Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) di Aula Endra Darma Laksmana Polres Padang Panjang, Kamis, 17 Juni 2021 kemarin, mempertegas pentingnya peran masyarakat dalam menciptakan suasana kamtibmas yang kondusif di tengah masyarakat, termasuk peran Pokdarkamtibmas Kota Padang Panjang. 

Sebagai salah satu Program Kemitraan antara Polres Padang Panjang dan Pokdarkamtibmas Kota Padang Panjang, FGD yang dilaksanakan tersebut, secara khusus membahas tema Memperkuat Peran Pokdarkamtibmas dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif. 

Kegiatan ini berlangsung  khidmat dan lancar. Paparan materi disampaikan secara langsung oleh Irma Yolanda Nst (Binmas Polres Padang Panjang), Engki Trinanda (Kabid. Kesbangpol Kota Padang Panjang), Buya Hamidi Labai Sati (Tokoh Agama dan juga Penasehat Pokdarkamtibmas Kota Padang Panjang). 

Dalam proses pelaksanaannya, kegiatan FGD tampak semakin mencerahkan dengan adanya tanggapan tentang potret fenomena, permasalahan dan solusi kamtibmas dalam ragam prespektif yang disampaikan oleh peserta diskusi.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Waka Polres Padang Panjang, KOMPOL Hamidi. Dalam sambutannya, KOMPOL Hamidi mengharapkan agar melalui kegiatan ini, seluruh pengurus Pokdarkamtibmas Kota Padang Panjang bisa memahami peran dan batasan tupoksinya dalam mencapai tujuan kamtibmas di tengah masyarakat, juga dapat mendalami sumber permasalahan kamtibmas yang ada di tengah masyarakat untuk segera diselesaikan, sesuai jargonnya, yaitu Pemecahan Masalah. 

Ia juga mengharapkan agar cita-cita terwujudnya masyarakat yang sadar hukum, aman dan tertib dapat terealisasi maksimal, tambahnya. 

Sementara itu, Allex Saputra selaku Ketua Pokdarkamtibmas Kota Padang Panjang menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Polres Padang Panjang, khususnya kepada Irma Yolanda Nst selaku Kasat Binmas Polres Padang Panjang yang telah memfasilitasi kegiatan ini sekaligus memberikan arahan dan pembinaan yang sangat berarti kepada kami selaku  Pengurus Pokdarkamtibmas Kota Padang Panjang yang notabene kehadirannya terbilang baru di Kota Padang Panjang, ungkap Allex. 

Dalam kesempatan itu, Allex juga menawarkan sebuah konsep Pokdarkamtibmas yang Partisipatif dan Solutif sebagai langkah-langkah strategis yang dilakukan melalui pendekatan kolaborasi dan sinergi yang terintegrasi guna mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan di tengah masyarakat dengan tetap mengacu pada kearifan lokal kita (5 kecamatan dan 23 nagari sesuai wilkum Polres Padang Panjang) sehingga terwujudnya masyarakat yang sadar hukum, aman, tertib dan peka terhadap kamtibmas di lingkungan masing-masing dapat terealisasi, jelas Allex.

Tentunya, dengan keterlibatan ninik mamak, tokoh masyarakat, unsur pemerintahan dan seluruh elemen masyarakat lainnya,  yang memiliki kapasitas dan pengalaman merupakan sebuah potensi tersendiri yang kita miliki dalam mencapai tujuan tersebut, tegasnya.

Selanjutnya, dengan hasil diskusi ini nantinya akan menjadi bahan referensi tersendiri ke depannya bagi kita semua, terutama dalam menjalankan amanah dan peran keorganisasian, sehingga tahapan proses untuk menuju cita-cita yang diharapkan bersama dapat tetap terlaksana dan bisa terwujud, tutup Allex. 

Acara ini juga dihadiri oleh Jajaran Kasat Binmas Polres Padang Panjang, Pengurus Pokdarkamtibmas, dan M. Nur Idris, SH yang juga selaku salah satu Penasehat Pokdarkamtibmas Kota Padang Panjang. (mby)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...