Presiden Jokowi: LRT Jabodebek Operasional Juni 2022

Presiden Jokowi: LRT Jabodebek Operasional Juni 2022
BENTENGSUMBAR.COM - Light Rail Transit (LRT) Jabodebek ditargetkan beroperasi pada Juni 2022. Serangkaian proses uji coba terus dilakukan LRT hingga April tahun depan.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, saat ini progres pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 84,7%. Maka, ditargetkan pembangunan 100 persen akan selesai pada awal 2022.


"Kami melakukan kunjungan untuk melihat progres pembangunan LRT Jabodebek. Saat Ini sudah 84,7% selesai dan diharapkan pada April 2022 diuji coba dan akan operasional pada Juni 2022," ujar Jokowi dalam konferensi pers secara virtual, Rabu, 9 Juni 2021.


Dalam kunjungan tersebut, Jokowi yang didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya menaiki LRT Jabodebek dalam melakukan perjalanan di beberapa stasiun. Proses itu merupakan tinjauan langsung pembangunan mega proyek tersebut.


Senada, Menteri Perhubungan berharap operasional LRT bisa dilakukan pada tahun depan.


"Sebenarnya sarana-prasarana sudah selesai, akan tetapi kita secara konservatif ingin mempersiapkan diri dengan uji dinamis. Kita ingin keselamatan menjadi satu hal yang penting untuk angkutan massal," katanya.


Pembangunan LRT Jabodebek tahap 1 terdiri dari beberapa lintasan. Rinciannya, pertama, lintas pelayanan rute Cawang-Cibubur sepanjang 14,8 kilometer yang saat ini pembangunannya mencapai 93,8%. Kedua, lintas pelayanan rute Cawang-Dukuh Atas sepanjang 11 kilometer, yang saat ini mencapai 84,3%. Dan, ketiga, lintas pelayanan rute Cawang-Bekasi Timur sepanjang 18,4 kilometer, yang saat ini mencapai 90,9%.


Selain tiga lintasan tersebut, saat ini juga tengah dibangun Depo LRT Jabodebek berlokasi di Bekasi Timur. Pembangunannya telah mencapai 44,1%.


LRT Jabodebek nantinya akan memiliki 18 titik stasiun pemberhentian. Dalam kondisi normal, satu rangkaian LRT dapat mengangkut 740 orang penumpang. Dalam kondisi padat dapat mengangkut 1.308 orang penumpang. Kecepatan maksimalnya dapat mencapai 80 kilometer per jam.


Source: Okezone

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »