Punya Relawan Solid, Jokowi Bakal Jadi King Maker di Pilpres 2024

Punya Relawan Solid, Jokowi Bakal Jadi King Maker di Pilpres 2024
BENTENGSUMBAR.COM - Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA), Fadhli Harahab menilai Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) bisa menjadi penentu kebijakan di Pilpres 2024 nanti.


"Yang pertama ini Jokowi memang bisa diprediksi dan itu bisa jadi 100% king maker di Pemilu 2024 nanti," kata Fadhli, Rabu, 16 Juni 2021.


Ia beranggapan bahwa Jokowi memiliki kekuasaan penuh di Indonesia. Relawan Jokowi juga sangat solid untuk menghadapi pemilu guna mendukung pasangan calon yang didukung Jokowi di Pilpres 2024 mendatang.


"Alasannya, selain karena memang beliau memang penguasa saat ini, beliau mempunyai pendukung yang sangat setia, baik di kalangan struktur kemudian di barisan relawannya. Untuk itu relawan ini ya bisa menjadi bentuk pressure group bagi Jokowi untuk menentukan badan politiknya. Badan politiknya itu apakah itu di jabatan presiden atau wakil presiden ke depan," tutur Fadhli.


Dengan adanya pendukung yang solid itu, maka Jokowi akan menjadi salah satu penentu capres atau cawapres di pemilu nanti.


Fadhli menilai hal yang wajar jika beberapa partai politik atau tokoh-tokoh sudah melakukan kampanye atau sosialisasi kepada publik. Hal ini guna meningkatkan elektabilitas di masyarakat. 


"Dan ini saya kira biasa-biasa saja meskipun tahap pemilu belum dimulai tapi untuk memperkenalkan siapa, perkenalkan diri sampai hari ini, sampai pemilu mendatang, akan terus terjadi ya dan itu biasa-biasa saja," katanya.


"Bagi sebagian partai ini merupakan salah satu bentuk kaderisasi, memperkenalkan kader mereka ke publik. Sampai saat ini ada beberapa tokoh yang sudah berani memperkenalkan diri tapi parpol belum menunjuk siapa yang akan mereka pilih atau usung," ujar Fadhli.


Sumber: SINDOnews

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »