Anies Baswedan Jadi Kandidat Kuat Capres, Lihat Surveinya!

Anies Baswedan Jadi Kandidat Kuat Capres, Lihat Surveinya!
BENTENGSUMBAR.COM - Arus Survei Indonesia (ASI) bersama Sociomap merilis berdasar pendapat atau opini sejumlah pakar bahwa Anies Baswedan menjadi kandidat kuat sebagai capres di Pilpres 2024. 


Direktur Eksekutif Sociomap Ahmad T Wibowo menyebutkan bahwa para pakar yang dimintai pendapat berasal dari 10 kategori profesi yang berbeda dan berasal dari lintas bidang keilmuan. 


Diantaranya dari akademisi, jurnalis, peneliti, partai politik, LSM, pengusaha, aktivis mahasiswa/pemuda, budayawan, profesional, dan praktisi pemerintahan. 


Dia membeberkan aspek-aspek yang dinilai dalam survei ini adalah kemampuan mendasar dan penting yang harus ada dalam diri seorang presiden.


"Aspek-aspek yang dinilai ini ada sembilan. Ini adalah aspek penting yang perlu ada dalam diri seorang presiden. Dari soal visi, track record, integritas hingga kemahiran kerja sama politik dengan Dewan Perwakilan Rakyat. Semuanya kita ukur karena menyangkut kapasitas dan kompetensi seorang presiden," ungkap dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 14 Juli 2021.


Sementara itu, Direktur Arus Survei Indonesia Ali Rif’an menambahkan tujuan survei ini dilakukan karena perlu adanya pengukuran kemampuan kandidat capres selain soal elektabilitas. 


"Selama ini kan kebanyakan survei capres soal elektabilitas. Waktu masih 3 tahun lagi. Kita perlu membahas soal kapabilitas kandidat capres karena mengurus negara berpenduduk 270 jiwa tentu butuh kecakapan lebih. Elektabilitas saja tidak cukup jadi perlu pengukuran kapasitas atau kompetensi," ucap Ali. 


Adapun, hasil survei kedua lembaga tersebut, dari nilai total sembilan aspek yang diukur, Anies Baswedan dianggap sebagai kandidat capres dengan ukuran kapasitas paling tinggi dengan nilai (75.44), disusul Ridwan Kamil (74,93), Ganjar Pranowo (74,8), Khofifah Indar Parawansa (69,79), Moh.Mahfud MD (69,42), Sandiaga Uno (69,15), dan Erick Thohir (66,98).


Source: GenPI.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »