Indonesia Masuk Daftar Merah Arab Saudi, Demokrat: Ini Rapor Buruk Penanganan Covid-19

BENTENGSUMBAR.COM - Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk daftar merah negara Arab Saudi. Sehingga, Arab melarang warganya bepergian secara langsung ke Indonesia.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Demokrat Rizki Aulia Rahman Natakusumah mengatakan, daftar merah itu menjadi preseden buruk di mata dunia internasional terkait penanganan pandemi virus corona baru (Covid-19) di Tanah Air.

"Hal ini menjadi rapor buruk dan tentu sangat kami sayangkan karena cukup mencoreng nama baik Indonesia di mata dunia, khususnya dalam kemampuan kita menanggulangi wabah Covid-19," ujar Rizki, dilansir dari RMOL pada Kamis, 29 Juli 2021.

Menurut Rizki, pihaknya sejak awal selalu mewanti-wanti pemerintah untuk mengambil langkah tegas dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Dengan sikap tegas itu, kata Rizki, penyebaran virus secara massif bisa diminimalisir dengan konsisten sejak awal.

"Kedepannya kita berharap kepada pemerintah untuk bisa lebih konsisten lagi dalam mengeluarkan kebijakan yang berkaitan dengan penanggulangan Covid-19, khususnya dalam perizinan akses masuk WNA ke Indonesia," tegasnya.

Pemerintah, kata Rizki, seharusnya dapat bersikap lebih konsisten dengan menutup keran masuk WNA secara menyeluruh. Hal ini guna memperkecil kemungkinan penyebaran virus yang lebih masif.

"Negara lain saja berani melarang masuknya WNI secar tegas ke dalam wilayahnya, kenapa kita tidak?" pungkasnya. 

(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »