Headline

Opini

PADANG

Sports

Tentara Amerika Masuk Indonesia, Netizen Heran: Kenapa Gak Seramai Jika TKA China Datang

          Tentara Amerika Masuk Indonesia, Netizen Heran: Kenapa Gak Seramai Jika TKA China Datang

Tentara Amerika Masuk Indonesia, Netizen Heran: Kenapa Gak Seramai Jika TKA China Datang
BENTENGSUMBAR.COM - Ratusan tentara Amerika Serikat (AS) baru saja tiba di Indonesia untuk ikut serta dalam latihan gabungan dengan TNI di Palembang.


Kabar terkait ratusan tentara Amerika masuk ke Indonesia tersebut tak luput dari perhatian publik, khusunya warganet.


Salah seorang netizen yang menyoroti kabar terkait kedatangan tentara AS tersebut yakni pengguna Twitter, ChusnulCh_.


Lewat cuitannya di Twitter, Rabu 28 Juli 2021, netizen itu mengaku heran mengapa kedatangan tentara AS yang berjumlah 330 personel tersebut tak heboh di publik seperti halnya kedatangan 20 TKA China beberapa waktu lalu.


“Ini berita sudah beberapa hari, kenapa ga seramai jika TKA China yang datang. Ini 330 loh bukan cuma 20,” cuit netizen ChusnulCh_.


Ia pun menduga, kedatangan ratusan tentara Amerika itu tak seheboh TKA China lantaran orang-orang yang anti China tersebut adalah kacung AS.


“Apa yang selama ini teriak-teriak anti China adalah kacung AS, ayo ngaku drun?,” tuturnya.


Diketahui, sebanyak 330 tentara Amerika Serikat tiba di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, pada Sabtu 24 Juli 2021, untuk mengikuti Latihan Bersama ‘Garuda Shield’ ke-15 tahun 2021.


Sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan terkait pandemi Virus Corona, mereka langsung diuji usap (swab test) oleh tim medis Indonesia.


Mengutip VOA Indonesia, kelompok tentara Amerika yang tiba ini merupakan gelombang pertama dari lebih dua ribu tentara yang akan ikut serta dalam latihan bersama itu.


Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Tatang Subarna dalam keterangan pers yang diterima VOA mengatakan latihan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah kerja sama TNI Angkatan Darat dengan Angkatan Darat Amerika.


Tatang juga mengungkapkan bahwa latihan gabungan tersebut akan dilangsungkan pada tanggal 1-14 Agustus di tiga daerah latihan tempur di Baturaja, Amborawang dan Makalisung.


Latihan itu, kata Tatang, akan melibatkan 2.246 personel TNI Angkatan Darat dan 2.282 Tentara Angkatan Darat Amerika, dengan materi antara lain latihan lapangan, menembak, medis, dan penerbangan.


“Tujuan latihan bersama ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan kemampuan prajurit TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Amerika dalam pelaksanaan tugas operasi,” ujarnya.


Source: terkini.id

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...