Headline

Opini

PADANG

Sports

WHO Umumkan Varus Corona Varian Delta Plus, Yuk Kenali

          WHO Umumkan Varus Corona Varian Delta Plus, Yuk Kenali
BENTENGSUMBAR.COM - Organiasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan penemuan jenis Virus terbaru. Yaitu Virus corona varian delta plus dari virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. 

Menurut WHO, Varian ini sudah menyebar di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Corona varian delta plus ini dikenal juga dengan B.1.617.2.1 atau AY.1.

Salah satu perbedaan virus corona varian delta plus dengan varian delta biasa terletak pada kemunculan mutasi tambahan, K417N. Kemunculan mutasi ini berefek pada protein lonjakan virus yang memungkinkan virus untuk menginfeksi sel-sel sehat.

Demikian Reuter mengutip pernyatan dari WHO, belum lama ini. Menurut WHO, saat ini varian delta plus belum menjadi varian yang umum. Kendati demikian, masyarakat harus tetap waspada pada risiko penularannya.

Sementara itu ahli virologi Louisiana State University, Jeremy Kamil menyatakan varian delta plus tak berbeda jauh dengan varian delta yang lebih dulu menyebar. Terkait gejala, sejauh ini belum ada studi yang secara spesifik membahas corona varian delta plus.

CNN mengabarkan (Rabu, 28/07/2021) bahwa, peneliti masih terus mengkaji efektivitas vaksin terhadap corona varian delta plus. Studi pada varian delta sebelumnya, vaksin terbukti bisa membantu meringankan kondisi Covid-19.

Dikutip dari Medical News Today, vaksin Pfizer dan AstraZeneca sangat efektif mencegah varian delta. Vaksin Pfizer memiliki efektivitas 96 persen dan AstraZeneca 92 persen setelah dosis kedua.

Orang-orang yang belum divaksin juga lebih rentan terkena virus corona varian delta. 

Laporan: Reko Suroko
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...