Fadli Zon Dapat Penghargaan Parlemen ASEAN Karena Sering Bersikap Kritis

Fadli Zon Dapat Penghargaan Parlemen ASEAN Karena Sering Bersikap Kritis
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon meraih AIPA Distinguished Service Award dari ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).


Dilihat dari laman dpr.go.id, Forum parlemen ASEAN tersebut menilai Fadli Zon telah berperan untuk penguatan dan pengembangan AIPA dalam merespon tantangan kawasan dan global.


Sidang Umum AIPA berlangsung pada 23-25 Agustus 2021 di Brunei Darussalam, diikuti parlemen negara ASEAN dan sejumlah parlemen negara observer secara virtual. Sebelumnya, di Sidang Komisi Organisasi AIPA, Fadli Zon ditetapkan untuk mendapatkan AIPA Award dan diajukan ke Sidang Umum AIPA untuk persetujuan. 


Award tersebut dikukuhkan kepada Fadli pada Penutupan SIUM AIPA ke-42 secara virtual, Rabu (25/8/2021), yang diumumkan dari Brunei Darussalam oleh Presiden AIPA, HE Abdul Rahman Mohamed Taib. 


Pejabat Kedutaan Besar Indonesia di Brunei Darussalam secara simbolis menerima penghargaan itu secara luring. AIPA Distinguished Service Award diberikan pada Fadli Zon karena telah berperan besar memajukan AIPA dalam 7 tahun ini. 


Aktivitas Fadli di parlemen dunia tercatat, misalnya, selain di AIPA, Fadli Zon juga sangat aktif di berbagai forum parlemen antara lain  Inter Parliamentary Union (IPU), Parliamentary Union of OIC Member States (PUIC), Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF), Asian Parliamentary Aseembly (APA), Global Parliamentarians Against Corruption (GOPAC), dan Wakil Presiden The League of Parliamentarians for Al Quds. 


Bahkan hingga ini Fadli masih menjabat sebagai Wakil Presiden GOPAC dan Presiden Southeast Asian Parliamentarians against Corruption (SEAPAC). Di parlemen dunia IPU sebagai anggota Komisi Demokrasi dan HAM.


Fadli Zon menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan. “Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada rekan-rekan anggota DPR RI termasuk rekan-rekan di BKSAP yang telah mendukung diplomasi parlemen DPR RI selama ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabat para anggota parlemen dari ASEAN yang memberi penghargaan ini," kata Fadli Zon.


Menurut politukis Partai Gerindra ini, sikapnya yang kerap kritis terhadap AIPA ternyata dimaknai secara positif oleh para anggotanya. “Beberapa kali saya berdebat secara konstruktif dengan para anggota parlemen ASEAN di AIPA terkait banyak isu, termasuk demokrasi dan HAM di Myanmar. Bahkan terakhir draf resolusi kita terkait Myanmar kandas. Namun dukungan para anggota parlemen ASEAN kepada saya untuk mendapatkan AIPA Service Award ini menunjukkan bahwa para anggota AIPA sangat terbuka, demokratis,  dan obyektif,” kata  Anggota Komisi I DPR RI tersebut. (Kompas.tv)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »