Gubernur Dorong Produk Pertanian Sumbar Berorientasi Ekspor

Gubernur Dorong Produk Pertanian Sumbar Berorientasi Ekspor
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mendorong produk pertanian di daerah itu berorientasi ekspor karena potensinya sangat besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Produk pertanian kita punya kualitas yang baik sehingga potensi ekspornya sangat tinggi. Produk pertanian dan perkebunan dari Agam yang dihasilkan kelompok tani juga harus mulai untuk berorientasi ekspor," ujarnya saat meninjau Kebun Bibit Nagari (KBN) Nagari Manggopoh di Kecamatan Lubuk Basung, Nagari Manggopoh, Kabupaten Agam, Jumat, 20 Agustus 2021.


Gubernur mengatakan RPJMD Sumbar 2021-2026 fokus di bidang pertanian secara luas. Anggaran untuk sektor itu ditingkatkan 10 persen yang akan dijadikan untuk mendukung pertanian termasuk pertanian rakyat.


"Selain program di hulu, kita juga sedang merencanakan untuk memperkuat di hilir seperti mendirikan pabrik pengolahan produk pertanian. Hilirisasi itu akan memberikan nilai tambah pada produk pertanian," katanya.


Apalagi pada masa pandemi, usaha yang tetap bisa bertahan dan memberikan keutungan adalah usaha pertanian karena itu usaha Kebun Bibit Nagari (KBN) Nagari Manggopoh dinilai sudah tepat.


"Ke depan bagaimana petani bisa mengarahkan pertaniannya pada sistem organik karena selain lebih sehat pasarnya juga lebih luas," katanya.


Untuk mendukung pertanian organik itu, di Sumbar sudah ada produksi pupuk organik yang bisa dimanfaatkan yaitu pupuk organik kitani yang harganya lebih murah daripada pupuk kimia.


"Pemasarannya tidak usah risau. Kita sudah berkomunikasi dengan sejumlah pengusaha asal Minang yang memiliki perusahaan ekportir sehingga bisa membantu pemasaran produk petani," katanya. (Budi)


#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »