Gubernur Sumbar Dorong RSUD di Perbatasan "Naik Kelas" Agar Bisa Jadi Rujukan

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumbar Mahyeldi menyerahkan bantuan empat unit oksigen konsentrator pada RSUD Pratama Tapan Kabupaten Pesisir Selatan untuk menambah peralatan dalam upaya penanganan COVID-19.

"Ini adalah bantuan dari Panglima TNI yang diberikan untuk penanganan COVID-19 di Sumbar. Kita distribusikan ke daerah agar penanganan di daerah semakin baik," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat meninjau RSUD Tapan, Minggu, 15 Agustus 2021.

Ia mengatakan untuk penanganan pasien COVID-19 tidak bisa hanya bertumpu pada RS rujukan yang ada di ibukota provinsi di Padang. Usaha penanganan sedapatnya dilakukan di daerah sehingga pasien tidak bertumpuk di Padang.

Agar hal itu bisa terealisasi maka dibutuhkan RS yang siap secara SDM tenaga kesehatan dan siap secara peralatan, karena itu Gubernur mendorong agar RS di daerah, apalagi yang terletak di perbatasan provinsi untuk terus meningkatkan tipe menjadi lebih baik.

"Kalau bisa RS yang diperbatasan ini minimal tipe B sehingga bisa pula menjadi rujukan bagi masyarakat provinsi lain yang tinggal di perbatasan dengan Sumbar," katanya.

Mahyeldi menyebut jika hal tersebut bisa terealisasi maka roda perekonomian di sekitar RS juga akan bergerak karena keluarga pasien yang datang tentu juga membawa uang.

Untuk memperkuat SDM tenaga kesehatan terutama dokter spesialis, gubernur menyarankan agar daerah menyiapkan program untuk membantu dokter umum di RSUD mengambil spesialisasi.

"Akan lebih mudah jika dokter spesialisnya adalah putra daerah karena semangat membangun kampung halaman tentu juga akan besar," katanya. (Budi)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBARp

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »