Headline

Opini

PADANG

Sports

Hari Veteran Nasional, Ketua DPR Perhatikan Kejahteraan Veteran Hingga Gelorakan Semangat Melawan Covid-19!

          Hari Veteran Nasional, Ketua DPR Perhatikan Kejahteraan Veteran Hingga Gelorakan Semangat Melawan Covid-19!
Hari Veteran Nasional, Ketua DPR Perhatikan Kejahteraan Veteran Hingga Gelorakan Semangat Melawan Covid-19.
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menyoroti kesejahteraan veteran dan keluarga veteran di tengah Pandemi Covid-19. Menurut Puan, kehidupan veteran dan keluarganya tetap harus terus diperhatikan oleh negara karena jasa mereka yang besar bagi kemerdekaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Puan dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional yang diperingati pada 10 Agustus setiap tahunnya. "Bung Karno punya pemahaman Jas Merah. Jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Maka, jasa para pahlawan ini harus selalu kita hargai. Pada masa pandemi ini tentunya dengan terus menjaga kesehatan serta kesejahteraan mereka," kata Puan secara tertulis pada Selasa, 10 Agustus 2021.

Puan memandang bahwa para veteran ini layaknya orang tua sendiri yang harus dijaga dan diperhatikan. Terlebih, virus Covid-19 mudah menyerang lansia yang memang memiliki daya tahan tubuh rentan. Sudah sepantasnya negara hadir dan memperhatikan kesejahteraan mereka.

"Pemerintah harus memastikan kesehatan veteran karena jasa-jasanya yang sudah begitu besar demi kemerdekaan bangsa ini. Evaluasi data para veteran dan kirimkan bantuan sesuai kebutuhan, mulai dari bantuan tunai hingga obat-obatan serta vitamin," ujar mantan Menko PMK itu.

Menurut Puan, sebenarnya banyak veteran yang kehidupannya luput dari perhatian negara. Beberapa dari mereka juga kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, ada yang hidup sebatang kara tanpa keluarga. Hal itu sangat memprihatinkan.

Selain veteran, janda-janda veteran dan keluarga yang mengalami kesulitan selama pandemi ini pun harus diperhatikan. Pasalnya, jasa akan kemerdekaan itu tidak bisa dibalas, selain dengan kebaikan yang mengangkat taraf kehidupan para pejuang ini dan keluarganya.

Hari Veteran Nasional diperingati sebagai tanda jasa veteran Indonesia yang telah membela dan memperjuangkan kedaulatan negara pada masa kemerdekaan. Secara umum, seluruh warga negara Indonesia yang aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menjalankan misi perdamaian dunia pun ditetapkan sebagai para Veteran Nasional Indonesia.

Mereka berhak mendapatkan Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia. Menurut catatan, jenis veteran terbagi dalam beberapa kelompok. Di antaranya Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, Veteran Pembela Trikora, Veteran Pembela Dwikora, Veteran Pembela Seroja, dan Veteran Perdamaian, berdasarkan mandat PBB.

"Perhatian harus kita berikan bukan semata-mata karena sedang memperingati Hari Veteran Nasional saja, tetapi seterusnya. Ini bagian dari penghargaan negara terhadap mereka yang telah membebaskan bumi Pertiwi dari penjajahan dan membuat kita dapat hidup merdeka hari ini," ujar Puan.

Pada momen Hari Veteran Nasional ini, Politikus PDI Perjuangan itu mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk menggelorakan semangat perjuangan kemerdekaan demi melawan Covid-19. Perlawanan itu berupa penjagaan diri yang ketat dari penularan virus corona dengan mengikuti vaksinasi dan memberlakukan protokol kesehatan.

“Gelorakan semangat perjuangan melawan Covid-19 sama seperti perjuangan para pahlawan kita dahulu dalam mengusir penjajah. Kita berlakukan strategi protokol kesehatan yang ketat dalam setiap aktivitas dan ikuti program vaksinasi,” kata Puan.
Puan melanjutkan bahwa semangat perjuangan melawan virus corona harus terus disuarakan. Tujuannya untuk membentuk komitmen bersama agar pengendalian penyebaran Covid-19 bisa dilakukan dengan kondusif. Komitmen ini mencakup seluruh lapisan masyarakat serta jajaran pemerintahan.

"Pengendalian laju penyebaran Covid-19 ini harus dilakukan secara merata dan serempak. Tidak ada daerah yang ditinggalkan karena satu daerah dengan lonjakan Covid-19 dapat menyebar ke daerah lainnya dengan mudah. Maka itu, perlu adanya komitmen dan kebersamaan yang kompak dari masyarakat, pemerintah maupun pemerintah daerah," ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI itu.

Momen Hari Veteran Nasional ini, lanjut Puan, juga bisa dilihat sebagai pengingat bahwa bangsa Indonesia adalah negeri yang kuat dan hebat. Tangguh dalam melawan penjajahan yang berlangsung selama berabad-abad. Oleh karenanya, tidak ada alasan untuk berpikir negatif dalam menghadapi pandemi ini.

“Persatuan segenap anak bangsa adalah faktor utama kita bisa mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Hal itu bisa kita terapkan lagi. Persatuan untuk kesembuhan, persatuan untuk kesehatan bersama. Kita harus saling sepaham bahwa selama pandemi ini, harus mengutamakan kepentingan bersama di atas individu untuk melawan virus Covid-19,” kata Puan.

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...