Headline

Opini

PADANG

Sports

PNP Selenggarakan Pelatihan Kepada Pengurus Pokdarwis Pantai Baselona Kuranji Hilir Sungai Limau

          PNP Selenggarakan Pelatihan Kepada Pengurus Pokdarwis Pantai Baselona Kuranji Hilir Sungai Limau
BENTENGSUMBAR.COM - Dalam UU No.10 Tahun 2009 Tentang Undang-Undang Kepariwisataan, tertanggal 16 Januari 2009 menyebutkan bahwa Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, Pemerintah, dan Pemerintah Daerah.

Kepariwisataan bertujuan untuk (Pasal 4): a. meningkatkan pertumbuhan ekonomi, b. meningkatkan kesejahteraan rakyat, c. menghapus kemiskinan, d. mengatasi pengangguran, e. melestarikan alam, lingkungan, dan sumber daya, f. memajukan kebudayaan, g. mengangkat citra bangsa, h. memupuk rasa cinta tanah air, i. memperkukuh jati diri dan kesatuan bangsa, dan j. mempererat persahabatan antarbangsa.

Hal ini mengemuka dalam acara “Pelatihan Tata Kelola bagi Kelompok Sadar Wisata Pantai Baselona Nagari Kuranji Hilir Padang Pariaman” yang diselenggarakan secara off-line oleh PNP – Politeknik Negeri Padang pada hari Sabtu, tanggal 14 agustus 2021, dimulai pada pukul 10.00 – 12.15 WIB di Kantor Camat Sungai Limau.

Rombongan dari PNP terdiri dari Rini Eka Sari, S.S.,M.Par.MMTHRL – Ketua rombongan selanjutnya Yudhytia Wimeina, S.E.,M.M., Abdiani Khairat Nadra, S.ST.Par.,M.Par., dan Novi Yanita, S.Pd.,M.M.Par.

Hadir dalam acara ini pak Camat Sungai Limau – Arlis S.Sos, Wali Nagari Kuranji Hilir – Mulyadi S.Ag, staf Wali Nagari Kuranji Hilir - Salma serta Pengurus Pokdarwis diantaranya Usman Ibrahim T – Ketua, Hasmadi HS – Sekretaris, Fitria Susanti – Bendahara, Ermansyah, Andhika, Afni Zakaria, Mutia Andra Yani, Ningsi Yulianti, Indra Dewi dan H. Ali Akbar.

Dalam sambutannya, Arlis menyampaikan harapan kepada pengurus Pokdarwis Pantai Baselona Kuranji Hilir untuk selalu meningkatkan kemampuan SDM diantaranya melalui pelatihan yang diadakan oleh pihak perguruan tinggi PNP ini.

“Dalam menjalankan organisasi, yang penting itu adalah kemauan, keikhlasan dalam berbuat serta menjaga kekompakan antar sesama pengurus. Selalu tingkatkan kemampuan SDM kita dimana saja berada termasuk diantaranya adalah dengan diadakannya pelatihan Pokdarwis yang diselenggarakan oleh PNP ini,” demikian pak Camat Arlis menyampaikan pidato singkatnya dan sekaligus berkenan membuka acara ini.

Dalam kesempatan yang lain, Mulyadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibuk2 Dosen PNP yang telah berkenan memberikan bimbingan dan arahan kepada pengurus Pokdarwis Pantai Baselona Kuranji Hilir.
“Semoga kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pengurus Pokdarwis untuk menimba ilmu dari ibuk2 Dosen PNP yang telah berkenan memberikan pelatihan ini,” ungkap Mulyadi.

Narasumber pelatihan ini terdiri dari 2 orang, dimana Rini Eka Sari memberikan materi bertemakan “Konsep Sadar Wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Sapta Pesona”. Sedangkan Novi Yanita memberikan materi dengan tema “Tata Kelola Kelompok Sadar Wisata.”
Tak lupa pula dalam acara ini diselenggarakan dengan protokol kesehatan 5M, diantaranya memakai masker. 

Laporan: H. Ali Akbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...