Headline

Opini

PADANG

Sports

Haris Azhar Sebut Jokowi Pakai Baju Adat Jadi Alasan Nambah Periode Presiden

          Haris Azhar Sebut Jokowi Pakai Baju Adat Jadi Alasan Nambah Periode Presiden

Haris Azhar Sebut Jokowi Pakai Baju Adat Jadi Alasan Nambah Periode Presiden
BENTENGSUMBAR.COM - Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Haris Azhar mengatakan bahwa baju adat yang digunakan oleh Presiden Jokowi saat Sidang Tahunan MPR menjadi alasan untuk menambah periode sebagai presiden.


"Mungkin gara-gara massyarakat adat kita banyak, etnis kita banyak, mungkin belum semuanya kepake makanya dari itu dia minta 3 periode," katanya dilansir dari YouTube Haris Azhar, Kamis 19 Agustus 2021.


"Biar dia ada kesempatan untuk make baju adat yang belum terpakai. Jangan jangan itu," sambungnya.


Haris Azhar memaknai bahwa Jokowi mengenakan baju adat adalah dalam rangka menambah periode sebagai presiden.


"Karena masyarakat adat kita banyak. Kalau dua periode berarti kan sidang tahunan cuma 10, baju adat di Indonesia banyak," imbuhnya.


"Kalau satu adat mewakili satu provinsi berarti Jokowi butuh 34 tahun untuk bisa make baju adat selama dia jadi presiden," tambah dia.


"Jadi alasan dia untuk tiga periode sangat masuk akal. Akal lu bukan akal gua," lanjut dia.


Menurut dia, hal tersebut menjadi sebab, tapi bukan tiga periode, jadinya 30 tahun agar bisa mengenakan baju adat secara merata.


"Dan amandemen kelima nanti ada pasal tentang kewajiban bagi presiden melindungi masyarakat adat bukan mengesahkan RUU masyarakat adat, tapi kewajiban presiden melindungi masyarakat adat dengan cara menggunakan adat mereka," pungkasnya dengan satire.


Source: isubogor

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...