HNW Minta Menlu Bantu Selesaikan Masalah Afghanistan, FH: Anda Saja yang Kesana untuk Bantu

HNW Minta Menlu Bantu Selesaikan Masalah Afghanistan, FH: Anda Saja yang Kesana untuk Bantu
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengkritik pernyataan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) yang meminta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk terus melakukan lobi tingkat internasional demi mewujudkan perdamaian di Afghanistan.


“Koq Menlu? Urusan apa kita dan apa kepentingan bangsa ini terhadap Afghanistan dan Taliban?” tulis Ferdinand di akun Twitternya, Minggu, 22 Agustus 2021.


Menurut Ferdinand, sebaiknya Menlu Retno fokus melobi negara lain untuk memenuhi jumlah vaksin Covid-19 bagi rakyat Indonesia, ketimbang ikut campur dalam konflik di Afghanistan seperti yang diinginkan HNW.


"Menlu tak harus jadikan urusan bangsa asing jadi urusan negara kita. Biarkan @Kemlu_RI fokus loby asing untuk vaksin," katanya. 


Ferdinand lantas menyarankan agar HNW yang ke Afghanistan untuk membantu menyelesaikan konflik di negara tersebut.


"Monggo @hnurwahid dan yang lain ke Afganistan untuk membantu. Kamu dukung..!" cuit @FerdinandHaean3.


Sebelumnya, Hidayat Nur Wahid meminta Retno Marsudi untuk terus melakukan lobi tingkat internasional demi mewujudkan perdamaian di Afghanistan setelah Taliban mengambil alih negara tersebut. 


Hal itu, kata HNW, untuk menunjukkan bahwa Indonesia ikut berperan aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia sebagaimana yang diamanatkan konstitusi. 


Apalagi, HNW menyebut selama ini Indonesia berhubungan baik dengan Afghanistan bahkan dengan Taliban. Ia mencontohkan delegasi Taliban yang pernah berkunjung ke Indonesia pada Juli 2019 lalu dan diterima secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan PBNU.


HNW melanjutkan, keterlibatan Indonesia dapat dilakukan dengan pendekatan yang oleh Menlu disebut sebagai 'Afghan-Led dan Afghan-Owned', yaitu dengan mengedepankan maslahat dan kepentingan Afghanistan dalam mewujudkan perdamaian dan solusi dengan melibatkan seluruh pihak di internal Afghanistan.


“Sikap Menlu yang bijak ini penting disuarakan lebih serius dan lebih aktif melalui forum-forum internasional seperti di PBB maupun OKI. Dan karena de facto sekarang Taliban yang ‘menguasai’ Afghanistan tetapi masih ada perlawanan dari Panshir dipimpin oleh Ahmad Mashood dan Wapres Amrullah Sholih," ujar HNW melalui keterangan tertulis, Sabtu, 21 Agustus 2021.


"Maka penting juga bagi Kemenlu RI untuk melakukan peran lobinya agar bisa dihindarkan perang dan conflict terbuka sesama warga Afghanistan, yang akan makin menyeret Afghanistan kepada kondisi politik, ekonomi maupun sosial yang makin buruk dan makin menyengsarakan negara dan bangsa Afghanistan,” jelas Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.


Source: Netralnews.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »