Mahyeldi: Waqaf Potensi Umat Gerakan Ekonomi Nagari

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengatakan waqaf merupakan salah satu potensi umat yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong pergerakan ekonomi di Nagari.

"Potensi ini bisa dikelola melalui lembaga resmi seperti yayasan agar pemanfaatannya bisa lebih terarah," katanya saat meresmikan sekaligus menghadiri Pengukuhan Yayasan Waqaf Berkah Bersama di Mesjid Raya Padang Belimbing Kabupaten Solok, Selasa, 24 Agustus 2021.

Gubernur mengatakan masing-masing nagari di Sumbar memiliki potensi ekonomi. Namun sebagian tidak tergarap secara maksimal karena kekurangan anggaran.

Yayasan Waqaf yang didukung bersama-sama oleh masyarakat nagari di kampung halaman dan di rantau bisa menjadi solusi untuk persoalan tersebut.

"Intinya adalah kekompakan antara masyarakat baik di kampung maupun di rantau. Ini yang diperlihatkan oleh masyarakat Padang Belimbing dengan pendirian Yayasan Waqaf Berkah Bersama ini," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini pemerintahpun sedang menggalakkan program waqaf uang untuk mendorong perekonomian. Sumbar ditunjuk menjadi provinsi percontohan untuk pelaksanaannya.

"Bank Nagari adalah lembaga keuangan yang dipercaya untuk mengelola waqaf uang di Sumbar," ujarnya.

Ia menilai setiap nagari bisa mencontoh Padang Belimbing untuk mendirikan Yayasan Waqaf sehingga potensi yang ada tidak tersia-siakan.

"Kami mendukung penuh adanya lembaga pengelola waqaf di tingkat nagari ini," katanya. (Budi)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »