Headline

Opini

PADANG

Sports

Menkes Bilang Indonesia Butuh 331 Juta Dosis Vaksin

          Menkes Bilang Indonesia Butuh 331 Juta Dosis Vaksin
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, kebutuhan Indonesia akan vaksin Covid-19 sejumlah 331 juta dosis vaksin. Dan kebutuhan ini, katanya, akan terpenuhi hingga Desember mendatang.

Dia berbicara hal itu dalam keterangan pers Senin, 2 Agustus 2021, seperti yang dikutip Tempo.co.

Menkes menambahkan,  Agustus ini akan ada 72 juta vaksin Covid-19 yang didatangkan ke Indonesia. 

“Dari bulan Agustus sampai Desember kita akan memiliki 331 juta vaksin ditambah tadi yang 90 jutaan sudah kita terima jadi kira-kira Sudah cukup untuk vaksinasi 200 juta rakyat Indonesia,” ujar Budi. 

Dia meminta kepada daerah agar tidak khawatir kehabisan stok vaksin. Ia berharap daerah bisa menunggu kedatangan vaksin yang akan segera didistribusikan. 

“Jika kurang nanti akan kita bantu distribusi,” kata Budi Gunadi. 

Kendala

Sebelumnya, juru bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, masih ada sejumlah kendala yang berkaitan dengan vaksinasi.

Menurutnya,  vaksinasi Covid-19 di Indonesia belum berjalan maksimal. Meski begitu, ia menjamin stok vaksin Covid-19 yang dimiliki pemerintah Indonesia sudah mencukupi.

"Jumlah vaksin yang tersedia dan dibutuhkan sebanyak 426 juta dosis, dikirimkan dari produsen secara bertahap sampai dengan Desember 2021," kata Nadia.

Nadia mengatakan hambatan yang ditemui Kemenkes dalam proses vaksinasi, salah satunya adalah adanya perubahan sejak 1 Juli, yang membuat semua warga di atas usia 12 tahun akan mendapat vaksin Covid-19.

Karena tak semua orang dapat divaksin dalam waktu yang bersamaan, Nadia mengatakan prosesnya menjadi tersendat. 

Laporan: Reko Suroko
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...