Menuju Digitalisasi Desa, PNP Latih Aparat Nagari Guguak Kuranji Hilir dan Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir

BENTENGSUMBAR.COM - Kebangkitan ekonomi dari desa dapat terjadi dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi di desa serta inovasi yang berkelanjutan. 

Digitalisasi desa sudah menjadi kaharusan dan tak dapat ditawar lagi demi pencapaian lompatan dalam meningkatkan perekonomian warga mayarakat di pedesaan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka perguruan tinggi PNP – Politeknik Negeri Padang yang dikomandoi oleh Dr. Yuhefiza – sering disapa Epi Lintau, M. Ikhsan Yusda Dt. Rky. M., SH.LLM, Novadilastri, SE.MM., Yenida, SE.Msi., Witri Handayani, SS.MPd., dan Lilimiwirdi, SS.,Mhum datang berkunjung ke Kantor Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Kehadiran dosen PNP tersebut membawa tema “Menuju Digitalisasi Desa dengan Menyelenggarakan Pelatihan Website Desa/ Nagari dan Sistem Informasi Nagari (SiNAR).”

Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 mulai sejak pukul 09.00 – 12.00 WIB di aula Kantor Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir.
Peserta yang hadir merupakan staf IT – Informasi dan Teknologi dari Nagari Guguak Kuranji Hilir adalah Rizaldi dan dari Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir adalah Egi Aswiranda, Bhabinkamtibmas – Yoffi Afrianto, Indra Dewi, tokoh masyarakat dan warga setempat. Sayangnya pak Camat Sungai Limau dan Wali Nagarinya tidak bisa hadir karena berhalangan.

Kedua desa/ nagari tersebut menjadi satu kesatuan dalam rangka kolaborasi pihak perguruan tinggi dengan pihak Kecamatan Sungai Limau yang menaungi 4 buah desa/ nagari, dimana pada tanggal 5 Maret 2021 lalu telah ditandatangani MoU – Memorandum of Understandingnya. Menyusul nantinya adalah Nagari Kuranji Hilir dan Nagari Pilubang.

Epi  Lintau menjelaskan bahwa sudah saatnya desa/ nagari untuk menuju desa/ nagari digital. Untuk menuju Nagari Digital, selayaknya juga mempersiapkan SDM sebagai pelaksananya di tingkat desa/ nagari.

“Kami memberikan Pelatihan Website Nagari dan Sistem Informasi Nagari – SiNAR kepada aparat desa yang nantinya menjadi ujung tombak dalam melaksanakan kegiatan ini. Meningkatkan kapasitas SDM sudah tidak bisa ditawar lagi,” pungkas Epi Lintau dalam sambutannya.

Laporan: H. Ali Akbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »