Headline

Opini

PADANG

Sports

Novel Bamukmin Mau Jadi Cawapres Anies, Bos KedaiKOPI: Ya Halusinasi Boleh, Lagi Ngaca, Ngomong Sama Cermin

          Novel Bamukmin Mau Jadi Cawapres Anies, Bos KedaiKOPI: Ya Halusinasi Boleh, Lagi Ngaca, Ngomong Sama Cermin
BENTENGSUMBAR.COM - Novel Bamukmin menyatakan kesiapannya maju di Pilpres 2024. Rencananya, Novel akan maju bersama Anies Baswedan sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada 2024. Novel sedang berhalusinasi?

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, menilai wajar jika banyak tokoh yang berusaha mendekati Anies untuk Pilpres 2024. Sebab, elektabilitas Anies sebagai salah seorang kandidat capres memang tinggi.

"Iya Anies Baswedan kan elektabilitasnya termasuk tinggi ya. Di survei KedaiKOPI saja peringkat dua tuh, di bawah Prabowo. Jadi ya wajar kalau banyak tokoh berusaha mendekati Anies Baswedan," kata Hendri, dilansir dari detikcom pada Ahad, 22 Agustus 2021.

Meski demikian, Hendri meyakini rencana Novel tidak akan berjalan mulus. Sebab, Novel harus bersaing dengan para ketua umum partai politik.

"Tokoh-tokoh masyarakat, seperti Novel sih boleh-boleh saja, sah-sah saja. Tapi tentunya harus bersaing dengan para tokoh yang memegang tiket," terang Hendri.

"Siapa itu? Ya para ketua parpol. Jadi para ketua parpol ini aja kan sedang berusaha membuka komunikasi nih dengan Anies Baswedan. Jadi ya silakan saja Novel berjuang," imbuhnya.

Lebih lanjut Hendri menilai kesamaan wadah antara Novel dan Anies tidak menjamin mereka bakal meraup banyak suara, jika nantinya benar-benar berpasangan.

"Tapi kalau hanya alasannya di wadah yang sama, ini pertarungan politik, justru memerlukan wadah yang berbeda untuk mendapatkan suara yang lebih besar dan banyak," sebut Hendri.

Pakar politik dari Universitas Paramadina itu malah berkelakar soal kesiapan Novel menjadi cawapres pendamping Anies pada 2024. Namun, Hendri tetap mengapresiasi apa yang direncanakan oleh Novel.

"Ya mimpi indah saja. Ya halusinasi boleh, lagi ngaca, ngomong sama cermin. Jadi sebetulnya lagi ngomong sendiri aja. Jadi nggak sengaja mungkin kedengaran orang lain. Nggak apa, kan namanya cita-cita," ucap Hendri.

"Mimpi boleh, bagus, tapi perjalanan masih jauh. Jadi mesti lebih bekerja keras lagi," pungkasnya.

Seperti diketahui, Novel Bamukmin mengatakan kesiapannya maju di Pilpres 2024 merupakan panggilan jihad secara konstitusional. Novel merencanakan nyapres bersama Anies. Namun hal itu masih tentatif tergantung keputusan ijtimak ulama nantinya.

"Benar sementara ini masih cocok Anies-Novel, namun hasil akhir baik saya maupun Anies diputuskan di ijtima ulama nanti tahun 2023. Semua saya serahkan juga kepada Imam Besar Habib Rizieq Shihab untuk doa dan dukungannya," kata Novel kepada wartawan, Kamis, 19 Agustus 2021.

(*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...