Headline

Opini

PADANG

Sports

Peringatan HUT RI Ke 76 Berlangsung Khidmat Di Payakumbuh

          Peringatan HUT RI Ke 76 Berlangsung Khidmat Di Payakumbuh

Peringatan HUT RI Ke 76 Berlangsung Khidmat Di Payakumbuh
BENTENGSUMBAR.COM - Disiarkan secara langsung via akun media sosial Instagram, Youtube, dan Facebook Pemerintah Kota Payakumbuh. Upacara Bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 76 berlangsung khidmat di Halaman Balai Kota Payakumbuh, Selasa, 17 Agustus 2021.


Upacara Bendera itu diikuti oleh Wali Kota Riza Falepi selaku Inspektur Upacara, turut hadir Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, unsur forkopimda Ketua DPRD Hamdi Agus, Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, Dandim 0306/50 Kota Letkol Ferry S Lahe, Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh Suwarsono, Ketua Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh Kurniawan Widjonarko, dan Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Ramza Husmen serta tamu undangan.


Bertindak Perwira Upacara Kapten Inf. Salim dari Kodim 0306/50 Kota dengan Cadangan Akp Hendri Nursin, S.H, M.H dari POLRES Payakumbuh, sementara itu Komandan Upacara Letda Inf. Edi Wahyu dari Kodim 0306/50 Kota dengan Cadangan Akp Afdal Mukarim dari Polres Payakumbuh.


Pasca pelaksanaan upacara, juga dilakukan penyerahan dana coorporate social responsibility (CSR) atau bantuan sosial bidang pendidikan dari Bank Nagari kepada Pemerintah Kota Payakumbuh sebesar 110 juta rupiah. Diserahkan oleh Kepala Bank Nagari Cabang Payakumbuh Rinaldi kepada Wali Kota Riza Falepi didampingi Kepala Dinas Pendidikan AH Agustion.


Bantuan itu juga diserahkan kepada 6 pelajar asal Kota Payakumbuh secara simbolis yang menerima beasiswa sebesar 1 juta rupiah. Laila Dwi Rahmawati dari SDN 44 Payakumbuh, Muhammad Khadafi dari SDN 57 Payakumbuh, Safa Mawadah dari SDN 62 Payakumbuh, Shopia Lathifah dari SMPN 5 Payakumbuh, Imam Mubarak Aljheni dari SMPN 10 Payakumbuh, Femilia Deswita dari SMAN 4 Payakumbuh, dan Indah Aksanti Gina mahasiswi Poltekes Padang.


Wali Kota Riza Falepi mengatakan perayaan kemerdekaan RI ke-76 di tengah pandemi Covid-19 tentu menjadi tantangan baru sekaligus peningkatan pemersatu masyarakat Indonesia. Kemerdekaan merupakan pencapaian besar suatu bangsa, namun merawat bangsa yang telah merdeka menjadi usaha yang tidak ada usainya.


"Hari ini 76 tahun Indonesia merdeka, namun perjuangan masih terus digelorakan. Maju terus Indonesiaku!" seru Wali Kota Riza Falepi.


Wako Riza Falepi Saksikan Upacara Bendera Bersama Presiden RI


Lepas melaksanakan upacara, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi bersama unsur forkopimda mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-76 secara virtual di Aula Pertemuan Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh.


Upacara yang berlangsung di Istana Merdeka Jakarta dan diikuti seluruh kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia itu merupakan tahun kedua dalam pelaksanaannya secara virtual, dan dalam menghindari kerumunan yang dapat menimbulkan penularan wabah Covid-19, pelaksanaannya dibatasi.


Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengikuti upacara kemerdekaan HUT RI ke-76 dengan memakai pakaian adat dari beberapa perwakilan daerah di Indonesia.


Saat penaikan bendera sang saka merah putih, dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan di istana merdeka juga terlihat dalam upacara kemerdekaan HUT RI ke-76 yang tayang secara virtual itu ikut hadir perwakilan dari Kantor KBRI Afrika Selatan dan KBRI Nigeria.


Wali Kota Riza Falepi saat ditemui media mengatakan peringatan HUT RI ke-76 pada tahun ini berlangsung dalam situasi pandemi Covid-19, dimana seluruh warga negara Indonesia diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, pada kegiatan sehari-hari terutama di luar rumah.


"Pada rangkaian peringatan HUT RI ke-76 di Kota Payakumbuh juga harus menyesaikan dengan situasi pandemi Covid-19 yakni menerapkan protokol kesehatan dan tidak menyelenggarakan perlombaan atau kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan orang. Belakangan ini kasus Covid-19 di Payakumbuh meningkat lagi, dan dalam menghadapi ini maka kita semua harus saling beriringan untuk mengantisipasi dan menekan kasus covid yang terjadi di kota yang kita cintai ini semaksimal mungkin," kata Riza Falepi didampingi Wawako Erwin Yunaz. 


Menurut Riza, dalam menyongsong peringatan HUT RI, semua yang merayakan kemerdekaan ini tidak harus melalui perlombaan yang akan dapat menimbulkan kerumunan orang.


"Akan tetapi untuk mensiasati ini kita bisa dengan melaksanakan kegiatan lainnya yang tetap memiliki makna cinta tanah air," pungkas Riza.


Laporan: Hermiko

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...