Headline

Opini

PADANG

Sports

Rayakan HUT RI Ke-76: Memaknai Kemerdekaan dengan Semangat Optimisme

          Rayakan HUT RI Ke-76: Memaknai Kemerdekaan dengan Semangat Optimisme

Rayakan HUT RI Ke-76: Memaknai Kemerdekaan dengan Semangat Optimisme
BENTENGSUMBAR.COM - Tiga tahun yang lalu, tepatnya pada perayaan HUT RI ke-73 tahun 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah ditanya mengenai makna kemerdekaan. Dia pun menjawab bahwa semangatnya harus bersikap optimis yang diikuti dengan membangun kerukunan, persatuan, dan kesatuan.


Kini, makna itu terasa semakin mendalam. Pada perayaan HUT RI ke-76 tahun 2021, Jokowi kembali menggaungkan semangat persatuan dan membangun optimisme dalam menghadapi pandemi.


Tema kemerdekaan pun diramu dengan apik “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Menurut Presiden, semboyan ini benar-benar bisa dicapai jika kita semua bahu-membahu dan saling bergandeng tangan dalam satu tujuan.


“Kita harus tangguh dalam menghadapi pandemi dan berbagai ujian yang akan kita hadapi dan kita harus terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa,” kata Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI di Jakarta, Senin, 16 Agustus 2021.


Menurut dia, selama satu setengah tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku, infrastruktur kesehatan, dan kelembagaan nasional. Kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa. 


“Dari sisi masyarakat, kesadaran terhadap kesehatan semakin tinggi. Kebiasaan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, telah menjadi kesadaran baru. Gaya hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, terasa semakin membudaya,” ucap Presiden.


Hal tersebut, lanjut dia, merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas. Pandemi telah menguatkan institusi sosial di masyarakat yang turut memperkuat modal sosial.


“Kesadaran dan antusiasme masyarakat untuk divaksin, memperoleh layanan kesehatan, memperoleh pengobatan, serta saling peduli juga semakin tinggi. Pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah agenda bersama,” tuturnya.


Senada dengan Presiden, Ketua DPR RI Puan Maharani pun menyatakan optimis bahwa Indonesia bisa terus tumbuh menjadi bangsa yang besar, sebagaimana cita-cita pendiri bangsa meski tengah dilanda pandemi.


“Ekonomi rakyat harus terus tumbuh. Kualitas masa depan anak-anak tetap dikebut dan kerja pembangunan terus berlanjut. Selamat HUT ke-76 Republik Indonesia. Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh,” kata Puan.


Eks Menko PMK tersebut juga mengatakan, peringatan kemerdekaan tahun ini semakin bermakna di tengah perjuangan bangsa ini melawan pandemi Covid-19. Dia mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus menjaga persatuan dan bergotong royong saling membantu sesama yang terdampak.


“Dengan semangat persatuan dan gotong royong seluruh masyarakat, kita optimistis bisa mengatasi pandemi ini. Bersatu kita tangguh, bersama kita terus tumbuh,” ucap politisi PDI Perjuangan tersebut.


Cucu proklamator Bung Karno ini juga mengatakan, semangat para pejuang ’45 yang pantang menyerah harus diwarisi anak bangsa hari ini agar menang melawan Covid-19.


“Kita tak harus mengangkat senjata seperti pendahulu kita mengusir penjajah. Saat ini kita cukup menjalankan protokol kesehatan dan ikut vaksinasi untuk mengatasi pandemi,” kata dia.


Selain itu, Puan menegaskan bahwa DPR bersama pemerintah dan dengan didukung rakyat telah bergotong-royong untuk keluar dari krisis dan bangkit dari masa-masa sulit pandemi.


Salah satu peran DPR, kata Puan, adalah dengan menyetujui anggaran negara untuk penyelamatan rakyat dari ancaman Covid-19, baik dari sisi kesehatan, ekonomi dan sosial kemasyarakatan. 


“DPR juga akan terus mengawasi penanganan COVID-19 oleh pemerintah agar semua yang dilakukan pemerintah semata-mata ditujukan untuk penyelamatan rakyat dari bencana kesehatan ini,” kata Puan.


Pada kesempatan lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengajak seluruh komponen untuk mengambil tanggung jawab bersama dalam menghadirkan keadilan sosial dan kesejahteraan, seperti halnya yang diperjuangkan dan disepakati bersama oleh para perintis kemerdekaan.


“Kita ingin dengan merdeka, kita rasakan keadilan sosial dan kesejahteraan. Itulah sebabnya ketika kita peringati kemerdekaan. Ingatlah bahwa ini adalah perjuangan seluruh bangsa, ingatlah ini adalah tanggung jawab kita untuk menuntaskan janji-janji kemerdekaan, yakni melindungi, menghadirkan keadilan sosial, dan memajukan kesejahteraan umum,” ujar dia.


Adapun terkait kondisi pandemi di Jakarta, Anies menyampaikan bahwa Pemprov DKI Jakarta terus berikhtiar untuk melindungi rakyat, salah satunya melalui vaksinasi.


"”Ini merupakan tahun kedua kita peringati hari kemerdekaan di masa pandemi, kita harus luruskan kembali prioritas kita untuk melindungi tumpah darah Indonesia. Kita melindungi semua kita tak melihat status KTP dan status ekonomi. Ketika ada yang membutuhkan perlindungan kesehatan, termasuk vaksinasi, siapa pun kita berikan. Prinsip yang kami pegang adalah kemanusiaan yang adil dan beradab,” ucap Anies. 


Ditulis Oleh Anggita A, Anggota Perempuan Indonesia Satu

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...