Headline

Opini

PADANG

Sports

Rini Eka Sari dari PNP: Menjadi Desa Wisata Dibutuhkan SDM yang Selalu Update Soft-Skill

          Rini Eka Sari dari PNP: Menjadi Desa Wisata Dibutuhkan SDM yang Selalu Update Soft-Skill
BENTENGSUMBAR.COM - Bicara tentang Desa Wisata tidaklah selalu mengandalkan lokasi indah semata, pemandangan yang menawan hati atau kulinernya yang enak dirasa. Namun, dibutuhkan SDM – Sumber Daya Manusia yang selalu Update Soft-Skillnya dalam rangka mengelola sebuah destinasi wisata.

“Oleh karenanya, maka dibutuhkan tenaga-tenaga terampil serta bekerja ikhlas untuk keberlanjutan sebuah Desa Wisata, yang tergabung dalam sebuah organisasi Kelompok Sadar Wisata – POKDARWIS. Adanya Pokdarwis dengan SDM unggul tersebut akan mampu mengangkat serta menjadikan sebuah destinasi wisata berperan dalam mengangkat tingkat perekonomian serta kesejahteraan warga setempat.”

Demikian Rini Eka Sari menjelaskan, sebagai narasumber dalam acara yang diselenggarakan secara off-line dalam rangka “Pelatihan Tata Kelola bagi Kelompok Sadar Wisata Pantai Baselona Nagari Kuranji Hilir Padang Pariaman”  yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 14 Agustus 2021 di Kantor Camat Sungai Limau, dimulai sejak pukul 10.00 – 12.15 WIB.

Pelatihan yang digagas oleh PNP – Politeknik Negeri Padang ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM pengelola Pokdarwis Pantai Baselona Kuranji Hilir berjumlah sebanyak 10 orang. Dimana acara ini merupakan realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian Masyarakat. 

Sebelumnya telah dilakukan pula berupa Penelitian dalam rangka menumbuhkan Pokdarwis di Nagari Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 30 Juni 2021 yang lalu.

Dari PNP dihadiri oleh Rini Eka Sari, Yudhytia Wimeina, Abdiani Khairat Nadra, dan Novi Yanita. Sedangkan dari tuan rumah yang hadir: Camat Sungai Limau – Arlis, Wali Nagari Kuranji Hilir – Mulyadi, staf Wali Nagari Kuranji Hilir - Salma serta Pengurus Pokdarwis diantaranya Usman Ibrahim T – Ketua, Hasmadi HS – Sekretaris, Fitria Susanti – Bendahara, Datuak Mudo Ermansyah, Andhika, Afni Zakaria, Mutia Andra Yani, Ningsi Yulianti, Indra Dewi dan H. Ali Akbar. 

Dengan adanya Pokdarwis Pantai Baselona Kuranji Hilir yang telah dibentuk melalui Surat Keputusan Wali Nagari Kuranji Hilir No.32/KEP/NKH-SL/VII/2021 tertanggal 30 Juli 2021, maka akan makin memperkuat keberadaan destinasi wisata Pantai Baselona yang ada di Nagari ini.
Narasumber lainnya adalah Novi Yanita membahas tentang “Tata Kelola Kelompok Sadar Wisata.” 

Ada beberapa langkah yang harus dilalui dalam membangun sebuah Desa Wisata, diantaranya: 1) Mengidentifikasi obyek/ atraksi yang menarik, 2) Membuat kesepakatan seluruh warga, 3) Melakukan pemetaan, 4) Membentuk Pokdarwis, 5) Melalukan studi banding/ studi tiru, 6) Melakukan promosi berbasis digital, serta 7) Mengikuti pelatihan dan pengelolaan Desa Wisata.

“Bermimpilah mengubah Nagari Kuranji Hilir menjadi Desa Wisata, dan mulailah dari sekarang!,” pungkas Novi Yanita memberikan motivasi kepada peserta pelatihan yang hadir. 

Terakhir, Yudhytia Wimeina – Koordinator Program Studi Usaha Perjalanan Wisata PNP menjelaskan hal yang seharusnya mendapatkan perhatian dan perlu untuk ditindaklanjuti oleh pengelola Pokdarwis Pantai Baselona Kuranji Hilir, antara lain:

“Rangsanglah pengunjung dengan tulisan-tulisan yang menarik dan ‘eye-catching’, membersihkan lokasi wisata, membuat media sosial untuk promosi seperti: Facebook, Instagram, Website, Marketplace, Youtube, dan lain sebagainya serta mulailah berjualan di lokasi wisata Pantai Baselona.”

Dalam acara ini, seluruh peserta dan petugas yang hadir melaksanakan Prokes 5M secara ketat diantaranya adalah memakai masker di sekitar area pelatihan.

Laporan: H. Ali Akbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...