Headline

Opini

PADANG

Sports

Rizal Ramli soal Kabinet Kerja Jokowi: Rakyat Dirancang Jadi Kuli Doang

          Rizal Ramli soal Kabinet Kerja Jokowi: Rakyat Dirancang Jadi Kuli Doang

Rizal Ramli soal Kabinet Kerja Jokowi: Rakyat Dirancang Jadi Kuli Doang
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Menteri Maritim Rizal Ramli mengungkap alasan dirinya tertarik bergabung dengan kabinet kerja Presiden Jokowi pada 2016 silam. Saat itu, Jokowi mengusung ajaran Bung Karno tentang trisakti.


"Tapi setelah kabinet terbentuk, Jokowi ganti nama kabinetnya bukan kabinet Trisakti, tapi kabinet kerja, kerja, kerja. Kalau tema-nya saja suruh kerja, kerja, kerja itu rakyat Indonesia dirancang hanya sekedar jadi kuli doang," ungkapnya di Channel YouTube Sahabat Rizal Ramli yang dikutip, Rabu 11 Agustus 2021.


Rizal Ramli mengenang saat kampanye dan awal pembentukan kabinet yang pertama, Jokowi itu pidato tentang Trisakti sebagai ajaran utama Presiden pertama RI Soekarno.


"Ajaran Bung Karno itu adalah supaya kita itu betul-betul mandiri di dalam bidang politik, ekonomi dan mandiri juga bangga didalam mengelola kekayaan kita," papar Rizal Ramli.


Lebih lanjut, Rizal Ramli mengungkapkan bukan tanpa alasan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengkritik Jokowi karena ada lima kegagalan.


Bahkan dirinya sempat kaget mendengar Megawati berpidato di hari anak, pertanyaannya sangat menggelitik sekali.


"Anak-anak darimana asal kodok? saya lihat itu ketawa geli," kata Rizal Ramli menirukan pertanyaan Megawati kepada anak-anak.


Sebab, kata Rizal Ramli, kodok itu berasal dari cebong dari Solo dibawa ke Istana.


"Tapi sampai mbak Mega menyindir gitu, saya melihatnya suatu warning kepada Jokowi, jangan lupa kacang sama kulitnya, jangan saenak-ena'e dewe, harus tahu asalnya darimana," ungkap Rizal Ramli.


Lalu, kata Rizal Ramli, Megawati juga sering berpidato bahwa Jokowi itu petugas partai.


"Itu sindiran halus, yang mengatakan Jokowi yang jadi'in presiden itu PDIP, jangan dengerin sama Luhut Pandjaitan, jangan dengerin Rini Suwandi, sampean itu petugas partai," kata Rizal Ramli.


Memang bahasa-bahasa tak langsung pasemon ini, kata Rizal Ramli, adalah bentuk kepintaran Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.


"Mbak Mega memang canggihlah ya," katanya.


Menurut Rizal Ramli, pidato Megawati dalam pembukaan acara mitigasi bencana yang digelar DPP PDIP beberapa waktu yang lalu.


"Mbak Mega, ingatkan Jokowi, bahwa krisis pandemi ini, pemimpin presiden harus jadi pemimpin dalam menangani menghadapi bencana ini, jangan ngeles," kata Rizal Ramli.


Seharusnya, kata Rizal Ramli, maksud dari pidato Megawati itu adalah agar Presiden Jokowi mengambil tanggungjawab paling depan.


"Saya lihat ini, makin lama makin serius ini, sentilan yang semakin serius," kata Rizal Ramli.


Bahkan, Rizal Ramli, juga menyinggung soal Ketua DPR RI Puan Maharani yang semakin kritis terhadap cara pemerintah menangani pandemi.


Source: isubogor

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...