Headline

Opini

PADANG

Sports

Sebut Jokowi Sedang Persiapkan Kekuatan Sendiri untuk 2024, Refly Harun: Ada Dilema di PDIP...

          Sebut Jokowi Sedang Persiapkan Kekuatan Sendiri untuk 2024, Refly Harun: Ada Dilema di PDIP...

Sebut Jokowi Sedang Persiapkan Kekuatan Sendiri untuk 2024, Refly Harun: Ada Dilema di PDIP...
BENTENGSUMBAR.COM - Dugaan renggangnya hubungan Megawati di PDIP dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) nampaknya menyita banyak perhatian publik dan tokoh politik Indonesia.


Salah satunya Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun, ia menyebut jika Megawati dan PDIP tengah dilanda dilema dalam menyikapi persoalan Jokowi saat ini.


Refly Harun mengatakan bahwa dilema tersebut berasal dari dua sisi, yaitu eksternal dan internal.


"Mulai ada Dilema di PDIP dan Megawati dalam menyikapi persoalan Presiden Jokowi. Dan dilema itu berasal dari eksternal dan Internal," kata Refly Harun dikutip Isu Bogor dari kanal YouTube-nya pada 13 Agustus 2021.


Nama Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan pun tak lepas dari isu dilema itu.


Refly Harun menyebut jika Luhut adalah pemeran utama di balik dilema eksternal PDIP dan Megawati terhadap Jokowi.


"Dilema eksternalnya adalah terlalu kuatnya Luhut Binsar Pandjaitan di lingkaran dekat Jokowi," kata dia.


"Tidak hanya saat dia diberikan kepercayaan sekarang, tapi patut diduga-duga ya bahwa Jokowi sedang mempersiapkan kekuatan sendiri untuk regenerasi 2024," lanjutnya.


Lebih lanjut, Refly Harun menduga jika di lingkaran Jokowi ada peran tokoh politisi lain, yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno.


"Maka bisa jadi di sana ada orang-orang seperti tentunya Presiden Jokowi sendiri yang dijagokan salah mungkin Ganjar Pranowo, Luhut Binsar Pandjaitan akan bertindak sebagai katakanlah fundraiser mungkin," tutur Refly Harun.


"Pratikno bertindak sebagai intelektualnya, menjadi fasilitator meeting of mind di antara pendukung-pendukung Jokowi, karena pembantu yang loyal tak semuanya memiliki perspektif politik," sambungnya.


Source: Isu Bogor

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...