Headline

Opini

PADANG

Sports

Terinspirasi oleh Puan Maharani, Relawan Buat Dapur Umum dan Berikan 6.000 Nasi Box untuk Masyarakat Kurang Mampu

          Terinspirasi oleh Puan Maharani, Relawan Buat Dapur Umum dan Berikan 6.000 Nasi Box untuk Masyarakat Kurang Mampu

Terinspirasi oleh Puan Maharani, Relawan Buat Dapur Umum dan Berikan 6.000 Nasi Box untuk Masyarakat Kurang Mampu
BENTENGSUMBAR.COM - Dalam menangani pandemi tak bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Butuh kerjasama dan semangat gotong royong antar masyarakat agar pandemi bisa di atasi dengan baik. 


Salah satu semangat gotong royong adalah saling membantu untuk masyarakat yang terdampak oleh pandemi. 


Seperti halnya Relawan Puan Maharani Jawa Timur yang membuat dapur umum dan memberikan nasi box kepada masyarakat yang membutuhkan.


Kegiatan sosial yang dimulai sejak 16 Agustus 2021 ini serentak membagikan nasi box ke 4 kabupaten di Jawa Timur. Mulai dari Surabaya, Kediri, Trenggalek, dan Sumenep. 


Ketua Koordinator Dapur Umum Relawan Puan Maharani Jawa Timur, Akhit Arif mengatakan bahwa relawan mampu memberikan 200 nasi box dalam sehari ke berbagai daerah di Jawa Timur. 


“Setiap hari ada 200 box yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Target dalam sebulan bisa mencapai 61 ribu nasi box yang diberikan. Untuk Surabaya dan Kediri target 6500 nasi box dalam sebulan,” ujar Arif dalam sambungan telepon pada Senin, 23 Agustus 2021.  


Arif melanjutkan bahwa daerah - daerah tersebut, seperti Gresik, Situbondo, Malang, Ponorogo, Jombang, Madiun, dan Bojonegoro. 


“Kami memberikan ke masyarakat, seperti tukang becak, pemulung, pengemis, supir angkot, sampai komunitas ojek online di daerah tersebut,” ujar Arif. 


Ia melanjutkan kegiatan ini bertujuan agar bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak oleh pandemi. Pasalnya, tak sedikit dari mereka yang memerlukan uluran tangan dari masyarakat lainnya. 


“Inilah bentuk semangat gotong royong yang bisa kita bantu kepada masyarakat. Setidaknya, kita bisa bantu pemerintah dan masyarakat yang terdampak pandemi,” tutur Arif. 


Selain itu, bentuk kegiatan ini secara tidak langsung terinspirasi oleh Puan Maharani yang kerap ke daerah - daerah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. 


“Ya, kita terinspirasi oleh bu Puan karena sering membantu masyarakat. Dan ia memberikan semangat gotong royong untuk membantu masyarakat yang terdampak,” tutur Arif. 


Bicara dapur umur, Arif menjelaskan bahwa setiap daerah memiliki dapur umum masing-masing dan bekerjasama dengan ibu - ibu sekitar untuk memasak. 


“Selain memberikan bantuan, kami juga memberdayakan ibu-ibu sekitar dapur umum untuk memasak makanannya. Jadi saling bantu ke semua lini masyarakat,” ujar Arif. 


Kegiatan yang sudah berjalan satu minggu ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Menurut Arif, masyarakat sangat senang diberikan nasi box oleh Relawan Puan Maharani Jawa Timur. 


“Kami memberikan nasi box pada siang hari dan respon masyarakat sangat senang dan terbantu karena adanya nasi box tersebut,” ujar Arif. 


Walaupun demikian, Arif menuturkan bahwa ada sejumlah tantangan agar kegiatan ini berjalan dengan baik. Ia mengaku komunikasi antar koordinator daerah perlu dilakukan secara intens agar kegiatan berjalan searah dan seirama. 


“Hal itu memang menjadi tantangan, tetapi tak masalah kalau untuk membantu dengan sesama,” ujar Arief. 


Mengenai kegiatan ini, Arif menjelaskan bahwa tidak ingin memberikan nasi box satu kali ke seseorang. Ia bekerjasama dengan beberapa komunitas, agar dapur umum ini menjadi tempat masyarakat yang terdampak diberikan makanan yang bergizi. 


“Kita tidak memberikan makanan hanya sekali, jadi kita kerjasama dengan komunitas agar masyarakat bisa mendapatkan bantuan nasi box setiap hari,” ujar Arif. 


Untuk lauk, Arif menjelaskan bahwa setiap nasi box berisikan ayam goreng, sayur, sambal dan mie. Agar tidak bosan, tim relawan Puan Maharani juga memberikan variasi menu, seperti ikan laut, telur, dan sebagainya. 


“Saya berharap semoga kegiatan ini bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak oleh pandemi. Selain itu, semoga kegiatan ini bisa dicontoh oleh masyarakat lainnya untuk menciptakan semangat gotong royong membantu masyarakat yang terdampak oleh pandemi ini,” ujar Arif.


Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani memang sering ke daerah-daerah untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh pandemi. Tak hanya itu, Puan juga memberikan bantuan vaksin dan meninjau secara langsung vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Jawa Timur, Bali dan Manado. 


Terbaru, Puan Maharani pun memberikan bantuan untuk Vino, bocah yang ditinggal oleh orangtuanya akibat terjangkit virus Covid-19. Saat ini bocah kelas 3 SD itu dalam kondisi sehat dan dibawa pulang oleh kakeknya ke kampung halaman orangtuanya di Sragen, Jawa Tengah.


Laporan: Mela

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...