Headline

Opini

PADANG

Sports

Timbulkan Polemik, Pengamat Sarankan Tema Lomba BPIP Sebaiknya Direvisi

          Timbulkan Polemik, Pengamat Sarankan Tema Lomba BPIP Sebaiknya Direvisi
Timbulkan Polemik, Pengamat Sarankan Tema Lomba BPIP Sebaiknya Direvisi.
BENTENGSUMBAR.COM - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar lomba penulisan artikel dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021. 

Lomba tersebut mengangkat dua tema, “Hormat Bendera Menurut Hukum Islam dan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam”
 
Pengamat politik digital dari Institute for Digital Democracy (IDD) Bambang Arianto ikut berkomentar terkait polemik lomba BPIP yang tengah viral di media sosial.
 
“Sebenarnya saya sangat apresiatif terhadap langkah BPIP untuk membumikan Pancasila melalui lomba menulis. Tapi sayangnya tema yang diusung ternyata tidak kontekstual atau kekinian. Apalagi pola komunikasi yang disampaikan oleh BPIP terkait lomba ini kepada publik tidak komprehensif. Sehingga di era digital seperti saat ini, akan membuat setiap orang bisa menafsirkan berbeda-beda. Jadi sangat lumrah hal ini kemudian memancing protes dari warganet," ungkapnya kepada BentengSumbar.com, Ahad, 15 Agustus 2021.
 
Sejatinya, jelas Bambang Arianto, BPIP harus memahami bahwa masyarakat saat ini tengah berjuang melawan pandemi Covid-19. Artinya rancanglah tema lomba yang lebih kontekstual atau berbasis kekinian. 

"Banyak kok tema-tema menarik yang dapat mengelaborasi peran santri dan kaitannya dengan upaya membumikan Pancasila era kekinian,” cakapnya.
 
“Daripada memancing polemik, akan lebih baik bila tema lomba penulisan artikel BPIP direvisi sedikit, seperti peran santri dalam membumikan Pancasila di masa pandemi Covid-19," imbuhnya.

Dikatakannya, jika kemudian tema lomba berbasis kekinian, tentulah lomba karya tulis ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi kalangan generasi milenial kedepan dalam upaya membumikan Pancasila.

Laporan: Zamri Yahya Alfauhy
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...