Varian Delta Rambah di 22 Provinsi Indonesia

Varian Delta Rambah di 22 Provinsi Indonesia
BENTENGSUMBAR.COM - Saat ini kasus mutasi virus SARS-CoV-2 varian Delta B1617.2 sudah merambah  22 provinsi Indonesia. Dengan jumlah 948 kasus per data 29 Juli 2021. Selain varian Delta, Kemenkes juga mencatat 60 kasus varian B117 Alfa dan 13 kasus varian B1351 Beta.


Demikian WHO mengabarkan yang dikutip oleh CNN.Com, Sabtu, 31 Juli 2021. Ketiga varian tersebut merupakan 'Variant of Concern (VoC)' alias varian yang diwaspadai oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). WHO menetapkan ada empat varian yang masuk dalam kategori VoC yaitu B117, B1351, B1617, dan P1. Hanya P1 yang belum teridentifikasi di Indonesia.


VoC merupakan varian yang memiliki mutasi yang mempengaruhi sifat penularan. Kepekaan alat tes, keparahan gejala, hingga kemampuan virus menghindari sistem imunitas.


Hanya saja masih sedikit bukti sehingga perlu penelitian lebih lanjut. Adapun dari ratusan temuan varian itu teridentifikasi di Indonesia berdasarkan hasil Whole Genome Sequence (WGS) terhadap total 3.655 spesimen yang diperiksa. Kemenkes juga mencatat varian Delta paling banyak ditemukan di DKI Jakarta dengan 303 kasus, Jawa Barat 277 kasus, dan Jawa Tengah 164 kasus.


Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi sebelumnya menyebut varian Delta B1617.2 memiliki ciri khas tingkat penularan yang lebih cepat dan agresif dari varian Alfa B117 yang sudah lebih dulu diidentifikasi Indonesia.


"Kita tahu varian baru ini [Delta] kecepatan penularannya bisa enam kali dari varian Alfa. Nah ini yang membuat peningkatan kasus kita berjalan secara eksponensial," kata Nadia beberapa waktu lalu.


Namun demikian, Nadia menyebut sejauh ini belum ada bukti riil yang menyatakan bahwa varian delta mampu menurunkan efikasi alias membuat vaksin tak ampuh lagi melawan covid-19. Berikut merupakan sebaran provinsi dan temuan kasus dari tiga varian tersebut. ***


Dilaporkan: Reko Suroko

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »