Wagub Audy Apresiasi SMKN 7 Padang Lestarikan Seni Budaya Minangkabau

BENTENGSUMBAR.COM - SMK Negeri 7 Padang merupakan satu-satunya sekolah di Provinsi Sumatera Barat yang fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang seni pertunjukan dan seni tradisi sesuai kearifan lokal yakninya Minangkabau.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menyampaikan apresiasi kepada SMK Negeri 7 Padang, satu-satunya sekolah di Sumbar yang mengajarkan adat budaya dan kesenian Minangkabau. Bahkan salah satu dari tujuh sekolah di Indonesia yang mengajarkan kesenian budaya.

"Ini suatu kebanggaan bagi kita, sekolah ini ikut melestarikan seni budaya Minangkabau," ucap Wagub Sumbar.

Audy menyatakan kekagumannya atas keseriusan para guru dan murid dalam mengajarkan seni tari khas Minangkabau dan berpesan agar para murid dapat terus mengembangkan bakatnya. Bila memungkinkan setelah keluar dari sekolah ini, bisa menjadi penari profesional.

"Apalagi sekolah ini sering melakukan pertunjukan seni tradisional di luar negeri. Seperti kemaren ini, SMK Negeri 7 Padang diutus ke Makau Thiongkok mempromosikan seni budaya Minangkabau," ungkapnya.

Usai sambutan Wagub Audy langsung berbaur dengan siswa-siswi yang sedang bermain talempong dan diikuto Kadis Pendidikan Sumbar Adib Alfikri.

Selanjutnya Wagub Sumbar melakukan tanya jawab dengan guru dan para siswa terkait kendala dan tingkat kesulitan dalam proses belajar mengajar diera pandemi.

Pada kesempatan itu, salah satu murid kelas XII bernama Fitro Fajarez yang termasuk penyandang disabilitas (tunanetra) berpendapat menurutnya sangat sulit belajar mengunakan aplikasi zoom. Karena bukan dirinya saja yang disabilitas, tapi masih ada lagi yang tunanetra. "Kami sangat kesulitan pak Wagub. Apalagi pratikum ditiadakan, padahal saya sudah divaksin sampai dua kali," sebutnya. (nov)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »