Yusril Yakin Habib Rizieq Akan Bebas dari Jeratan Hukum, Kalau?

Yusril Yakin Habib Rizieq Akan Bebas dari Jeratan Hukum, Kalau?
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menilai Habib Rizieq Shihab akan bebas dalam proses hukum yang saat ini dijalani.


"Saya kira kalau ada advokat yang full menangani, Habib Rizieq bisa bebas. Asal jangan ke politik, tapi proses hukum yang benar," ujar Yusril dalam webinar Dialog Kebangsaan Pemuda Dewan Dakwah dengan tema Wajah Kepemimpinan Nasional di Masa Depan Bangsa, Sabtu, 14 Agustus 2021.


Ketika ditanya, bagaimana jika diminta jadi advokat Habib Rizieq? Yusril menegaskan, sebenarnya ia juga tidak keberatan jika memang diminta.


"Kalau misalanya yang bersangkutan atau keluarganya minta saya membela, saya akan berpikir lain. Saya akan pertimbangkan. Tapi ini tidak ada. Kita juga tidak perlu berandai-andai," tukas Yusril. 


Lebih lanjut, pakar hukum kawakan ini menilai proses hukum Habib Rizieq sudah berjalan semestinya, yakni ke pengadilan dan dilakukan pembelaan yang benar. Kemudian kalau tidak puas bisa banding, kasasi dan seterusnya.


"Kita lihat ditempuh cara yang normal dalam kasus Habib Rizieq. Agak berbeda dengan Pak Natsir dulu. Sudah dijanjikan amnesti dan semua sudah keluar dari rutan. Tapi kemudian ditangkapi oleh Bung Karno, tak ada proses peradilan sama sekali. Saya kira apa yang terjadi pada Habib Rizieq berbeda, dilakukan pembelaan (ada proses hukum semestinya)," imbuh Yusril.


Advokat senior ini mengaku masih percaya pengadilan di Indonesia tak gampang diatur-atur. Mantan Menteri Hukum dan HAM ini menilai pengadilan sepenuhnya independen di bawah Mahkamah Agung, sehingga tak akan mudah jika pemerintah mempengaruhinya.


Source: jurnas.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »