Headline

Opini

PADANG

Sports

Ada Jalan Tol Trans Sumatera Sepanjang 2.704 Kilometer, Hatta Rajasa: Lampung ke Aceh Bisa Hemat Waktu 60 Jam

          Ada Jalan Tol Trans Sumatera Sepanjang 2.704 Kilometer, Hatta Rajasa: Lampung ke Aceh Bisa Hemat Waktu 60 Jam
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyambut positif adanya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Menurut dia, kehadiran tol tersebut bisa menghemat waktu perjalanan melalui jalur darat.

Hatta Rajasa yang merupakan Menko Perekonomian ra 2009-2014 ini memperkirakan, Jalan Tol Trans Sumatera dapat memangkas waktu tempuh dari Lampung ke Banda Aceh hingga 60 jam.

"Jika seluruh jalan tol telah tersambung dari Lampung sampai ke Banda Aceh, saya perkirakan kita dapat menghemat waktu 55 sampai 60 jam," kata ayah dari Aliya Rajasa ini dalam webinar HK Academy, Kamis 9 September.

Hatta Rajasa pun mengaku merasakan sendiri manfaat dari Tol Trans Sumatera. Pria asal Sumatera Selatan ini pernah menempuh waktu dari Jakarta ke Palembang dengan memakan waktu 15 jam, dengan catatan dua kali berhenti untuk istirahat.

"Namun dengan adanya Tol Trans Sumatera, sekarang saya bisa menikmati dengan 7 sampai 8 jam saja, tergantung penyeberangan (Merak-Bakauheni). Kalau penyebrangannya 1 jam, 7,5 jam saya tiba (di rumah), kalau penyeberangannya memakan waktu 1,5 atau 2 jam mungkin 8 jam-9 jam saya baru tiba di rumah," jelas Hatta Rajasa.

Sebagai informasi, Tol Trans Sumatera dibangun melalui Peraturan Presiden No. 100 Tahun 2014 yang kemudian diubah dengan Peraturan Presiden No. 117 Tahun 2015. Pemerintah memberi amanat kepada Hutama Karya untuk membangun dan mengembangkan Jalan Tol Trans Sumatera.

Jalan tol ini menghubungkan Lampung dan Aceh melalui 24 ruas jalan berbeda yang panjang keseluruhannya mencapai 2.704 km dan akan beroperasi penuh pada 2024. (Voi)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...