Diskusi Jurnalis di Sela Kegiatan Bimtek Jitu Pasna 2021

Diskusi Jurnalis di Sela Kegiatan Bimtek Jitu Pasna
BENTENGSUMBAR.COM - Tak hanya di dalam ruangan tempat pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) 2021 di Grand Basko Hotel Padang, diskusi juga terjadi di sela-sela makan malam antar peserta Bimtek, Kamis, 23 September 2021, malam.


Para peserta mendiskusikan materi yang diberikan para instruktur handal yang didatangkan Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat.


Misalnya diskusi yang terjadi antar para jurnalis yang menjadi peserta Bimtek Jitu Pasna.


Mereka membahas, bagaimana menyampaikan informasi pasca bencana kepada masyarakat dengan akurat dan tepat, sehingga tidak menimbulkan salah penafsiran.


"Untuk itu, kita sebagai jurnalis harus memiliki data akurat dari sumber yang terpercaya," kata Feri Kalex, salah seorang jurnalis yang kerap bergelut dengan data investigasi, termasuk anggaran kebencanaan.


Sementara itu, Zamri Yahya dari BentengSumbar.com menekankan, kecepatan penyampaian informasi, namun dengan data akurat, sehingga masyarakat terhindar dari informasi hoax.


"Tapi kerap, data itu terlambat sampai ke media, karena harus divaliditas terlebih dahulu oleh BPBD. Tentu kita harus sabar menunggu," cakapnya.


(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »