Headline

Opini

PADANG

Sports

DKI Urutan Satu IDI, Musni: Jakarta Penyelamat Demokrasi, Warga Harus Bersyukur dan Bangga

          DKI Urutan Satu IDI, Musni: Jakarta Penyelamat Demokrasi, Warga Harus Bersyukur dan Bangga
BENTENGSUMBAR.COM - Sosiolog Musni Umar mengatakan, warga Jakarta patut bersyukur dan berbangga karena di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan, Provinsi DKI Jakarta menduduki urutan teratas dalam Indeks Demokrasi Indonesia (IDI).

Hal tersebut disampaikan Musni melalui tulisan yang diunggah di websitenya, arahjaya.com, Senin (6/9/2021). Dalam tulisan itu, Musni menyebut Jakarta penyelamat demokrasi.

Diketahui, indeks demokrasi Provinsi DKI Jakarta menduduki peringkat satu secara nasional berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2020. Indeks demokrasi DKI tercatat sebesar 89,21.

Peringkat tertinggi IDI itu diraih DKI Jakarta selama empat tahun berturut-turut sejak 2017-2020.

"Jakarta penyelamat demokrasi. Pada saat demokrasi di Indonesia sedang menghadapi sorotan dunia karena mengalami kemunduran, kita patut bersyukur, DKI Jakarta dibawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan, mendapat Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tertinggi pada 2021, dengan capaian IDI 89,21," kata Musni.

"Ini merupakan kebanggaan karena DKI Jakarta sebagai ibukota negara, demokrasi belum mati. Justru demokrasi menunjukkan capaian yang amat membanggakan," sambungnya.

Atas capaian itu, Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC) ini menghimbau kepada warga Jakarta untuk menjaga demokrasi agar tidak tergerus seperti yang dialami Indonesia.

"Indeks Demokrasi terbaik di Jakarta selama 4 tahun berturut-turut, sangat membanggakan. Karena itu, seluruh warga DKI Jakarta harus menjaga demokrasi agar tidak tergerus seperti yang dialami Indonesia, tidak hanya mengalami stagnan tetapi mengalami kemunduran," ujarnya.

Musni berharap, prestasi yang diraih Pemprov DKI ini dapat membangun optimisme terutama di kalangan generasi muda bahwa di Indonesia masih ada provinsi yang bisa menghadirkan contoh yang baik dalam hal demokrasi.

"Indeks Demokrasi” yang diraih tertinggi oleh DKI Jakarta, mengharuskan seluruh warga DKI Jakarta bersyukur dan terus membangun optimisme terutama dikalangan kaum muda bahwa Indonesia yang luas dan besar ini, masih ada provinsi atau daerah yang bisa menghadirkan contoh yang baik," ungkap Musni.

"Kunci ke depan untuk mengubah Indonesia menjadi lebih baik bagi bangsa Indonesia, dihormati dan bisa memberi pengaruh besar bagi kemajuan, kemakmuran dan perdamaian di dunia, terletak pada pemimpin," pungkasnya. (Netralnews)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...