FPI Berganti Nama Jadi Front Persaudaraan Islam, Denny Siregar: Ciee, Ganti Kulit

FPI Berganti Nama Jadi Front Persaudaraan Islam, Denny Siregar: Ciee, Ganti Kulit
BENTENGSUMBAR.COM - Pegiat media sosial, Denny Siregar menyoroti pergantian nama FPI dari sebelumnya akronim dari Front Pembela Islam menjadi Front Persaudaraan Islam.


Hal tersebut ia sampaikan kemarin, lewat akun Twitter-nya. "Sekarang FPI berubah nama jadi Front Persaudaraan Islam.. Cieeee.. Ganti kulit ni yeee.."


Sebenarnya, kabar soal bergantinya nama FPI sudah lama. Dimulai pada Januari 2021 silam. Tepatnya pada pada 8 Januari 2021. Saat itulah, FPI yang baru, dideklrasikan.


Dulunya mereka ingin namanya Front Persatuan Islam saja. Namun, ternyata setelah ditelusuri, nama itu sudah pernah dipakai sebelum Indonesia merdeka. Makanya, pihak FPI baru menggantinya lagi, dari Persatuan Islam, ke Persaudaraan Islam.


"Setelah berkonsultasi kepada para guru kami, terkait nama tersebut beliau beliau juga menyarankan untuk menghormati saudara tua kami yang sudah terlebih dahulu menggunakan nama Persatuan Islam, maka dengan ini kami mewakili deklarator terdahulu, menyatakan mengganti nama menjadi Front Persaudaraan Islam," begitu tulisan dalam dokumen deklarasi nama baru FPI tersebut.


"Kami himbau untuk tidak ketakutan dalam menjalankan dan melaksanakan hak kebebasan berserikat dan berkumpul. Silahkan dengan tenang bergabung dengan Front Persaudaraan Islam, karena hal ini adalah hak konstitusional warga negara," tulis isi deklarasi.


Menyusul pengubahan nama, lantas apa yang tugas-tugas mereka bertambah atau berubah? Ternyata, FPI baru akan berfokus pada dakwah, pendidikan, Kemanusiaan, Advokasi hukum dan HAM.


"Hal itu sebagai perwujudan pengamalan fardhu kifayah dalam Islam, amar ma'ruf nahi munkar tanpa menimbulkan kemungkaran lainnya, menampilkan wajah Islam rahmatan lil alamiin dalam bingkai NKRI," isi deklarasi.


Kabar itu bukan isapan jempol belaka, sebab Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar sudah membenarkannya.


Untuk diketahui, dokumen deklarasi Front Persaudaraan Islam ini ditandatangani oleh KH Ahmad Sobri Lubis, KH Awit Mashuri, KH Tb Abdurrahman Anwar, KH Qurtubi Jaelani.


Lalu ada nama KH Maksum Hasan, HB Muchsin Alatas, Teungku Muslim Attahiri, HB Umar Abdul Aziz Assegaf, HB Umar Assegaf, HB Bagir Bin Syech Abubakar, HB Hasan Assegaf, HB Faisal Alhabsy, KH Muhammad Arif Nur HB Alwi Baroqbah dan Munarman. (Era)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »