Headline

Opini

PADANG

Sports

Gubernur Nilai TMMD Terbukti Mampu Mendorong Akselerasi Pembangunan di Nagari

          Gubernur Nilai TMMD Terbukti Mampu Mendorong Akselerasi Pembangunan di Nagari
BENTENGSUMBAR.COM - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) terbukti berhasil mendorong akselerasi pembangunan di desa/nagari sehingga patut untuk didukung penuh pelaksanaannya meski dalam masa pandemi COVID-19.

"TMMD telah membantu pemerintah memberdayakan wilayah serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah untuk kepentingan pertahanan negara dan mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," kata Gubernur Mahyeldi saat membuka TMMD ke-112 di Kabupaten Agam, Rabu, 15 September 2021.  

Dalam sambutannya Gubernur menegaskan Pemprov Sumbar mendukung pelaksanaan TMMD di wilayah teritorial Kodim 0304/Agam. Ini menjadi program terpadu lintas sektoral sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan.

Gubernur Mahyeldi menyampaikan, prioritas sasaran kegiatan TMMD adalah daerah perdesaan yang tergolong sebagai daerah miskin/tertinggal, daerah terisolir/- terpencil, daerah perbatasan/pulau-pulau kecil terluar dan daerah terisolir/- terpencil, daerah perbatasan/pulau-pulau kecil terluar dan daerah terisolir/- terpencil, daerah perbatasan/pulau-pulau kecil terluar dan daerah terisolir- terpencil.

Program TMMD adalah sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat desa dan nagari dengan membangun/merehabilitasi sarana/prasarana wilayah dan fasilitas sosial/umum yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat setempat.  

Mahyeldi menilai, TMMD menjadi komitmen moral TNI terhadap masyarakat dilaksanakan 3 (tiga) kali dalam setahun pada 5 (lima) lokasi. "Kemanunggalan TNI dengan masyarakat ini telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Mulai dari program pemberdayaan masyarakat terutama penanangan dan pembangunan infrastruktur," jelasnya.

Program TMMD terbukti sangat mendorong kemajuan di desa/nagari. Program membantu ini bisa menjadi salah satu wahana sosialisasi kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan serta program vaksinasi massal Covid-19.  "Apalagi saat ini jumlah masyarakat di Sumbar yang terpapar Covid-19 kembali meningkat, setelah sempat malandai selama beberapa bulan. Sehingga masyarakat perlu terus diingatkan untuk tidak abai menerapkan protokol kesehatan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan," ungkap Mahyeldi.

Selanjutnya, Mahyeldi berharap TMMD ke 112 tahun 2021 ini bisa mencapai hasil yang maksimal sebagaimana yang diharapkan, serta sejalan dengan semangat yang diharapkan 2021, yaitu: "TMMD wujud sinergi membangun negeri". "Semoga tema ini benar-benar dapat menjadi seluruh motivasi dan inspirasi bagi seluruh stakeholder yang mendukung pelaksanaan ini, sehingga TMMD ini menjadi basis kekuatan semangat dan kesungguhan mulai dari unsur pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat," harapnya. (Budi)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...