Intip 7 Tips Aman Saat Bepergian di Masa Pandemi

BENTENGSUMBAR.COM - Menjelang akhir tahun atau pada tanggal-tanggal merah memang identik sekali dengan yang namanya liburan. Sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia untuk berlibur atau mudik ketika tanggal-tanggal merah tertentu, terlebih pada hari Idul Fitri. 

Namun, dengan adanya pandemi COVID-19, ada banyak hal yang harus diwaspadai oleh orang-orang ketika berpergian. Walaupun, tidak dapat dipungkiri pemerintah menyarankan untuk tetap diam di rumah selama tidak ada kegiatan yang bersifat urgent.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang memiliki kepentingan sehingga mengharuskan untuk bepergian di masa pandemi, tentu Anda harus tetap up to date peraturan yang ada. Misalnya, melihat informasi persyaratan penerbangan di sini. Tidak hanya menjual tiket transportasi, hotel, dan ragam tiket lainnya, Traveloka juga kerap menginformasikan persyaratan seputar bepergian yang tentunya sangat bermanfaat bagi Anda. 

Selain memastikan bahwa Anda sudah memenuhi persyaratan, Anda pun juga harus mengetahui tips yang bisa Anda terapkan agar tetap aman dan terjaga dari virus COVID-19. Yuk, simak tips-tips di bawah!

Pakai masker dan penuhi perlengkapan kebersihan

Point pertama ini tentu sudah menjadi suatu kewajiban yang Anda harus lakukan di masa pandemi seperti memakai masker. Jangan heran jika Anda ditegur oleh orang sekitar atau petugas ketika Anda melepas masker.

Selain diwajibkan memakai masker, Anda bisa pula menerapkan double mask guna meminimalisir penularan dan tentunya jangan lupa bawa barang-barang yang menunjang kebersihan Anda seperti hand sanitizer, face shield, sarung tangan, desinfektan guna menyemprot benda-benda di sekitar Anda dan tentunya selalu bawa masker cadangan.

Pastikan Anda tidak sembarang memegang benda yang ada di sekitar, terlebih ketika sedang meletakkan barang, tentunya bisa dipastikan kulit Anda bersentuhan dengan benda tersebut. Untuk mengatasi hal ini, setelah menyadari Anda telah bersentuhan dengan benda itu, Anda bisa langsung menyemprotkan hand sanitizer atau mencuci tangan Anda di air yang mengalir menggunakan sabun.

Tidak hanya memegang benda, Anda pun bisa melakukan ini setelah berkontak langsung dengan orang di sekitar Anda seperti berjabat tangan dan kontak lainnya.

Usahakan untuk selalu jaga jarak

Di media sosial kita bisa melihat bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak melakukan social distancing ketika hendak menaiki transportasi. Anda yang ingin tetap aman dari virus COVID-19, bisa menerapkan social distancing minimal satu meter dari orang-orang yang berada di sekitar Anda, atau mudahnya Anda bisa mengikuti instruksi atau tanda batas berdiri antar sesama penumpang.

Jangan berbagi dengan orang lain

Maksud dari point ini adalah hindari membagikan minuman atau makanan dengan orang di sekitar Anda. Hindari berbagi peralatan makan, seperti gelas dan sendok. Begitu pula pada peralatan mandi, terutama handuk. Biasakan satu orang memiliki alatnya masing-masing, membawa botol minuman sendiri begitu juga dengan peralatan makanan lainnya.

Di masa pandemi sekarang tentu harus waspada mengenai hal-hal tersebut, bukannya pelit namun lebih baik mencegah sebelum terjadi, bukan?
Selain tidak berbagi dengan orang sekitar Anda, Anda pun juga perlu untuk membawa obat-obatan pribadi Anda.

Sewaktu-waktu Anda sakit, Anda bisa langsung melakukan pertolongan pertama dengan mengonsumsi obat Anda terlebih dahulu.

Cari tahu tentang daerah atau lokasi yang dituju

Ada baiknya Anda mencari tahu tentang daerah yang akan dituju, apakah daerah tersebut sedang berada di zona merah atau zona hijau. Jika Anda mengetahui hal tersebut, tentu dapat mempengaruhi kewaspadaan Anda terhadap virus COVID-19. 

Jika daerah tersebut zona merah ada baiknya Anda lebih mengetatkan protokol kesehatan dua kali lipat dari sebelumnya. Selain itu jika Anda berniat untuk mengunjungi suatu tempat makan atau lainnya, pilihlah lokasi dengan sirkulasi udara yang baik serta menerapkan protokol kesehatan.

Cari tahu juga mengenai jarak dan lokasi rumah sakit terdekat dari tempat yang akan Anda tinggali. Sewaktu-waktu ada keadaan darurat, Anda bisa langsung menuju rumah sakit tersebut.

Ketahui kondisi tubuh

Selalu periksa kondisi tubuh Anda apakah sedang fit atau tidak, jika tidak, maka jangan paksakan pula untuk keluar dari tempat Anda tinggal karena akan berbahaya bagi diri Anda. Tunda saja perjalanan sampai Anda merasa benar-benar baik. Untuk mengatasi kondisi tubuh yang sedang tidak fit, Anda bisa mengonsumsi vitamin-vitamin sebagai booster imun tubuh Anda. Jangan cemas berlebihan karena tentu malah akan menurun daya tubuh Anda.

Alternatif pembayaran

Zaman sekarang tentunya sudah banyak restaurant, tempat berbelanja, dan lainnya yang menerima metode pembayaran non tunai. Maka dari itu, selagi tempat yang Anda datangi menyediakan pembayaran non tunai, alangkah baiknya Anda memanfaatkan hal tersebut. Hal ini merupakan salah satu jalan terbaik untuk mengurangi kontak fisik dengan banyak orang.

Lakukan swab pasca berpergian
Last but not least, jika Anda masih tinggal bersama dengan keluarga, teman atau bahkan sudah berkeluarga, penting untuk Anda memikirkan mereka selepas Anda berpergian dari suatu daerah. Selain memastikan diri sudah bersih dan berganti pakaian, ada baiknya Anda juga melakukan tes pasca bepergian untuk memastikan Anda berada di kondisi yang fit dan tidak ada risiko untuk menularkan virus corona kepada orang rumah. Selagi menunggu hasil test, Anda bisa melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu. Lalu, ketika hasil yang keluar ternyata negatif, Anda bisa langsung bercengkrama dengan keluarga terdekat Anda yang ada di dalam rumah.

Sekiranya itu dia 7 tips yang bisa Anda lakukan demi keamanan dan kenyamanan bepergian Anda dan sesama di masa pandemi ini. Semoga bermanfaat, ya! (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »