PILIHAN REDAKSI

Ali Imron Pernah Minta Izin Ngebom Rumah Amien Rais, Denny Siregar: Harusnya Waktu Itu Jangan Ditangkap Dulu

BENTENGSUMBAR.COM – Pegiat media sosial Denny Siregar angkat bicara mengenai pengakuan pelaku Bom Bali 1. Pasalnya, Ali Imron d...

Iklan Bank Nagari

Penting Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

          Penting Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi
KASUS positif Covid-19 meningkat dari waktu ke waktu, seperti di Indonesia. Jika pandemi Covid-19 terus berlanjut, semua sektor pasti akan terus terkena dampaknya. Seperti di bidang pendidikan, ekonomi, kesejahteraan dan tentunya kesehatan. Setiap orang wajib menjaga kesehatan dirinya sendiri dan kesehatan orang lain, mengikuti prosedur medis, dan memelihara kesehatan jasmani dan rohani.

Covid19 ini bisa menyerang seluruh tubuh, meski kebanyakan orang hanya tahu bahwa virus ini hanya menyerang sistem pernapasan, namun pada kenyataannya virus ini menyerang ke seluruh tubuh yang memiliki reseptor ACE2, dan ini terdapat di mana saja seperti di mata, syaraf, jantung, ginjal, liver, bahkan saluran pencernaan juga.

Mengingat risiko dan bahayanya, penting bagi setiap orang untuk lebih memperhatikan kesehatannya selama pandemi ini. Mengurangi risiko terinfeksi dengan mengurangi paparan virus serta dengan meningkatkan imunitas tubuh. Mengurangi paparan virus itu sendiri adalah dengan melaksanakan protokol kesehatan. Untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat yang terdiri dari tiga pilar pengaruh yakni nutrisi yang tepat, istirahat yang cukup, dan olahraga teratur.

Pola hidup sehat adalah hal yang wajib dilakukan, terutama di masa pandemi. Tentunya dengan mengatur pola hidup sehat dapat membawa banyak manfaat bagi tubuh. Perlunya memperhatikan kebiasaan kecil sehari-hari dan merubahnya agar lebih bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri.
Menurut Kotler, pola hidup sehat merupakan gambaran dari aktivitas yang didukung oleh keinginan dan pikiran yang kemudian berinteraksi dengan lingkungan. 

Pola hidup sehat yang diterapkan dapat juga mempengaruhi orang lain, terutama keluarga dan orang-orang sekitar, sehingga akan banyak manfaat yang bisa dirasakan nantinya.

Mungkin dari kalian sudah sering mendengar bahwa orang yang menjalani pola hidup sehat pasti akan terlihat fit dan bugar. Contoh kehidupan nyata dalam hidup adalah orang biasa di zaman dulu yang sampai saat ini masih tetap segar walaupun banyak beraktivitas. Ini karena mereka sering makan makanan segar dan alami tanpa bahan pengawet. 

Pola hidup sehat dapat meningkatkan harapan untuk hidup lebih lama. Manfaat lain yang didapat adalah memperkuat sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh dapat mencegah penyakit, termasuk virus Covid19 untuk masuk ke dalam tubuh. 

Sistem imun tubuh memiliki tiga fungsi, yaitu fungsi pelindung, fungsi rumah, dan fungsi pengawasan. Lalu pola hidup sehat juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih semangat, sehingga tubuh akan terus aktif melakukan berbagai aktivitas.

Dilansir dari Help Guide bahwa tubuh meregenerasi sel kulit, otot, dan tulang setiap harinya. Oleh karena itu, nutrisi merupakan sumber penting bagi kebutuhan tubuh. Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda karena faktor yang berbeda, seperti jenis kelamin, usia, serta aktivitas apa yang sering dikerjakan.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang direkomendasikan untuk masyarakat Indonesia, dianjurkan pria mengkonsumsi serat sebanyak 28-37 gram per hari. Sedangkan wanita, perlu untuk mengkonsumsi hingga 27-32 gram serat per hari.

Hal yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat adalah dengan memperbaiki waktu tidur. Kebanyakan orang kurang tidur karena beberapa alasan. Padahal tubuh tentunya membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan kesegarannya dan dapat menjalankan aktivitasnya. 

Melansir National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa orang dewasa muda (18-25 tahun) membutuhkan 7-9 jam tidur per malam. Orang yang tidak cukup tidur dapat berpotensi terkena penyakit yang mengancam jiwa seperti kanker dan penyakit jantung.

Saat ini, kebanyakan orang menghabiskan waktunya untuk melakukan segala aktivitas di dalam rumah, sehingga mengurangi aktivitas fisik. Tampaknya keharusan terhadap rutinitas olahraga harian di rumah akhir-akhir ini sangat diperlukan bukan hanya sekedar "keinginan". 

Olahraga teratur atau aktivitas fisik, bahkan dalam jumlah kecil, dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan tubuh. 

Lakukan olahraga dengan intensitas sedang selama total 150 menit seminggu atau sekitar 20 menit sehari.

Olahraga sedang berarti tubuh sedang bekerja serta pernapasan akan menjadi lebih cepat, dan pasti berkeringat. Olahraga teratur merupakan salah satu tips menjaga kesehatan jantung, karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 35%. 

Selain untuk menjaga kesehatan jantung, olahraga teratur juga dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh secara keseluruhan, sehingga dapat menjadi pedoman untuk menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan.

Pola hidup sehat tidak hanya berkaitan dengan kebutuhan fisik, tetapi juga kebutuhan mental. Karena banyak tekanan, pikiran bisa menjadi tegang, jadi sangat disarankan untuk berpikir positif. Berpikir positif dapat menenangkan hati kita dan melawan penyakit, bahkan ketika sedang dalam keadaan stres. Jika kita mengubah pola pikir menjadi positif, kesehatan mental juga akan jauh lebih baik. (Hanifa Bastian – Anggota Perempuan Indonesia Satu)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...