Rocky Gerung Bakal Gugat Sentul City Rp1 Triliun dan 1 Rupiah, Netizen: Itulah Gunanya Sertifikasi Pak Jokowi

Rocky Gerung Bakal Gugat Sentul City Rp1 Triliun dan 1 Rupiah, Netizen: Itulah Gunanya Sertifikasi Pak Jokowi
BENTENGSUMBAR.COM - Rocky Gerung menyatakan akan gugat balik Sentul City yang sebelumnya telah kirim somasi terkait keberadaan rumah dan tanah yang selama ini dihuni Rocky Gerung. 


Sejumlah netizen di akun FB Mak Lambe Turah, Sabtu 11 September 2021 memberikan beragam komentar bahkan ada yang mengaitkan dengan program sertifikasi tanah yang digencarkan Presiden Joko Widodo beberapa waktu terakhir. 


MLT: “Silahkan digugat.. Pengen tau siapa yg bakal malu.”


Layk Komen Syer: “Keknya yg bakal malu adalah yg dungu krn beli tanah tanpa surat kepemilikan yg sah n selama bertahun2 legalitasnya ga pernah diurus.”


Hendra Irawan: “Itulah gunanya program sertifikasi tanah oleh pak Jokowi. Kalau merasa pemilik sah, kan tinggal ajukan sertifikatnya. Ini namanya sertifikat vs girik.”


Untuk diketahui, dalam upayanya untuk mengosongkan sebuah lahan di wilayah kelurahan Bojongkoneng, Sentul, Bogor, PT Sentul City menggusur rumah-rumah di wilayah tersebut.


Ternyata area tersebut juga dihuni oleh Rocky Gerung, dosen filsafat Universitas Indonesia yang dahulu kerap muncul di Indonesia Lawyers Club (ILC). Dalam wawancaranya bersama Hersubeno Arief, Rocky menyatakan Sentul City sudah menyerobot lahannya.


Dalam salah satu video yang baru saja diunggah di akun YouTube Rocky Gerung Official, Jumat (10/9), Rocky menyatakan ia bisa saja menggugat PT Sentul City akibat perlakuannya tersebut.


"Kalau saya gugat balik, mungkin saya gugatnya Rp1 triliun dan Rp1. Satu rupiah itu biaya materialnya. Harga imaterialnya itu yang Rp1 triliun karena disitu (rumah Rocky) banyak memori, banyak percakapan intelektual," ujarnya kepada Arief.


Rocky menjelaskan, sejak awal September ini sudah ada kurang lebih sepuluh rumah yang berhasil digusur pihak pengembang. Ia memperkirakan paling tidak 120 kepala keluarga dengan 500 jiwa akan tergusur jika Sentul City terus mengosongkan lahan.


Lebih lanjut, Rocky mengatakan pihak pengembang menggunakan jasa preman untuk menakut-nakuti warga sekitar agar mau segera angkat kaki.


"Jadi ini adalah teknik dari perusahaan yang modalnya besar untuk mengancam. Mulai digusur dulu yang di atas nanti makin lama ke bawah. Ajaibnya, Sentul City itu ingin memonopoli tanah disitu dengan arogansi. Dia taruh di situ banyak preman untuk nakut-nakutin," ungkapnya.


Dalam kesempatan yang sama, ia mengatakan bahwa isu ketimpangan kepemilikan tanah di Indonesia sangat luar biasa. Ia menduga permainan antara pemilik modal dengan pemilik kuasa sangat banyak ditemukan di tanah air. Fenomena ini, sebut Rocky Gerung, merupakan sebuah ketidakadilan sosial.


"Hak orang memiliki tanah itu dibuktikan dengan transaksi. Saya bukan menyerobot... Kalau dia menginginkan tanah saya dan penduduk, dia minta dong, bukan nyuruh preman mengusir. Itu kan sinting," tegasnya dinukil TVonenews.com. (netralnews)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »