Sederet Prestasi Puan Maharani Selama Menjabat Sebagai Menko PMK, Tercatat dalam Rekor MURI hingga Berbagai Penghargaan

BENTENGSUMBAR.COM - Pembicaraan tentang Puan Maharani seperti tidak ada habis - habisnya. Sebelumnya, pada hari jadinya yang ke 48, Puan sempat menjadi trending topik dengan tagar kilasbalik48 dan ketua DPR RI.

Dalam cuitan itu, banyak netizen menjelaskan prestasi Puan saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Biar lebih jelas, berikut sederet prestasi yang diberikan Puan selama menjabat Menko PMK. 

1. Tercatat dalam rekor MURI sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia termuda.

2. Menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran hingga menjadi yang terendah dalam sejarah Indonesia. 

3. Menurunkan angka ketimpangan dan meningkatkan kesejahteraan di bidang pendidikan, kesehatan, dan hidup layak.

4. Melakukan revitalisasi BKKBN dengan program monumentalnya, Kampung KB. 

5. Menurunkan angka ketimpangan atau indeks Gini Ratio. 

6. Meningkatkan indeks pembangunan manusia secara berkala selama masa jabatannya. 

7. Kemenko PMK yang dipimpin Puan mendapatkan penghargaan sebagai situs web pemerintah yang melakukan pengembangan paling pesat dalam hal transparansi. 

8. Pada 2018, Puan Maharani menerima penghargaan sebagai Bintang Bhayangkara Utama dari Polri. Ia juga menerima penghargaan dari majalah Her Times pada tahun 2019 sebagai Eminent Women of The Year.

9. Kerja cemerlang Puan Maharani terlihat dalam keberhasilan Asian Games dan Para Games 2018, rehabilitasi pasca bencana, revitalisasi pendidikan vokasional, kebijakan kesehatan yang monumental, cita - cita Indonesia Emas, dan Indonesia Hebat.

10. Berhasil mengawal pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH), sebagai kartu sakti yang menjadi agenda utama pemerintahan Jokowi - JK. 

11. Puan Maharani adalah salah satu Perempuan Top Person dan Top Influencer 2018 yang dinobatkan oleh Indicator Indonesia. 

12. Kemenko PMK mendapatkan penghargaan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sebagai pengelola kepegawaian terbaik. 

13. Kemenko PMK menerima penghargaan dari BNPT atas perannya dalam program penanggulangan terorisme di wilayah Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur.

14. Berhasil melakukan koordinasi antar kementerian yang berada di bawah garis koordinasinya, sehingga dari beberapa kementerian tersebut mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat. 

Penghargaan 

Dalam catatan tersebut, Puan juga menorehkan prestasi gemilang yang patut diacungi jempol. 

Mulai dari 2013, Pemrakarsa Pagelaran Wayang Kulit dengan kelir terpanjang (MURI). 

Pada 2015, Menteri Termuda dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK (MURI) dan Perempuan Pertama yang menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (MURI).

Selain itu, Puan juga pernah menerima prestasi Democracy Award 2016 dari rakyat Merdeka Online.

Pada 2018, Puan menerima Anugerah Bintang Bhayangkara Utama dari Kapolri. Selanjutnya pada 2019, Puan menerima Anugerah Pers 2019 Jawa Tengah Bidang Pemerintahan, khususnya diseminasi
dan Implementasi Gerakan Revolusi Mental.

Terakhir pada 2020, Puan juga dinobatkan untuk mendapatkan Anugerah Bintang Mahaputera Adipradana, Penghargaan Brevet Warga Kehormatan dari Badan Intelijen Negara, dan Penghargaan Warga Kehormatan dari Korps Brimob Jakarta. 
Tak hanya itu, Puan kerap didapuk sebagai delegasi Indonesia untuk pertemuan organisasi internasional.

Seperti yang diketahui, Puan Maharani berkesempatan untuk menjadi salah satu panelis dalam 13th Summit of Women Speakers of Parliament.

Bersama 4 ketua parlemen negara lain, Puan memimpin jalannya forum yang bertema Women at The Centre: From Confronting The Pandemic to Preserving Achievement in Gender responsive Recovery.

Dalam forum tersebut, Puan menyatakan dukungan terhadap akses dan peran perempuan yang lebih besar dalam penanganan pandemi Covid-19. Dia menyampaikan, peringkat vaksinasi Indonesia yang berada di ranking ke-7 dunia, juga tidak terlepas dari peran perempuan yang menjadi tenaga kesehatan dan vaksinator.

Selain itu, pada 2019, Puan pimpin delegasi Indonesia dalam Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-6 di Tokyo, Jepang. IPU adalah organisasi yang menghimpun parlemen negara dunia untuk berdialog atas isu-isu terkini yang menjadi tantangan bersama. Pada pertemuan yang berlangsung pada hari Senin (4/11/2019) tersebut.

Puan turut didampingi oleh Wakil Kedua DPR RI Rachmat Gobel, dan anggota DPR RI Dolfie OFP. Pertemuan ini dihadiri oleh 18 negara dan dua organisasi internasional (Parlemen Uni Eropa dan IPU) untuk mencari kesepahaman dalam menyikapi pelemahan sistem perdagangan multilateral di tengah perlambatan ekonomi dunia akibat perang dagang.

Pada 2015, Puan juga pernah menjadi Delegasi RI pada 3rd United Nation World Conference on Disaster Risk Reduction, Sendai, Jepang.

Di tahun yang sama, Puan pernah ditunjuk sebagai Ketua Delegasi RI pada 1st Meeting of the China-Indonesia High Level people to people Exchange Mechanism, Jakarta.

Pada 2015 pula, Puan menjadi Ketua Delegasi RI pada Pembukaan Sea games XXVIII, Singapore dan pada tahun yang sama Puan menjadi Delegasi RI pada ceremony of World War II 70th Anniversary Commemoration, Beijing dan Delegasi Ri pada International Dialogue on Revitalized global Partnership at the 70th UN General Assembly, New York.

Laporan: Mela

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »