Headline

Opini

PADANG

Sports

Kebakaran Lapas Tangerang, Rocky Gerung: Harusnya Menteri Yasonna Laoly Mundur

          Kebakaran Lapas Tangerang, Rocky Gerung: Harusnya Menteri Yasonna Laoly Mundur
BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat politik Rocky Gerung menanggapi soal kebakaran yang terjadi di Lapas Tangerang.

Ia pun menyoroti Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly.

"Saya sepintas itu, pa Menteri Hukum Laoly dia kasih penjelasan dan gak ada wajah yang merasa bersalah, bahkan masih ada sedikit ngeyel," kata Rocky Gerung, Kamis 9 September 2021.

"Sebetulnya kalau di dalam etik dunia, mestinya mundur itu Menteri Hukum HAM itu," sambungnya.

Menurutnya, soal kebakaran lapas tersebtu tidak ada prinsip-prinsip untuk menduga kemungkinan terjadinya sesuatu yang membahayakan.

"Apalagi yang kita tahu bahwa sistem infrasturktur penjara kita overload, sehingga bisa aja terpaksa nyolong listrik karena terlalu banyak penghuni berserak-serakan," ujar Rocky.

Ia berpendapat, seharusnya dievaluasi secara teknis dulu. Setelah itu evaluasi etis yaitu semangat pemerintah agar peka terhadap bencana.

"Karena itu kita mesti malu internasional yang nyorot pertama, karena internasional tahu bahwa penjara itu potensial terjadi bencana, bencana apa aja, perkelahian,, pembunuhan dalam penjara , atau kebakaran segala macam," ungkap Rocky.

"Karena sifat penjara itu selalu melampaui kapasitas. Prinsip ini gak dipegang oleh pemerintah sehingga mengaku biasa itu ada konslet listrik. Konslet itu biasa di mana-mana, tapi konslet listrik di penjara itu mesti diantipasi dari awal," tuturnya.

Menurut dia, sifat pemeliharaan penjara mesti sangat khusus. (Isu Bogor)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...