Soal Gibran Puji Anies, PDIP Angkat Suara

Soal Gibran Puji Anies, PDIP Angkat Suara
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menilai pujian Walikota Solo Gibran Rakabumi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas keberhasilan menekan penyebaran Covid-19 adalah sesuatu yang wajar.


Namun, lanjutnya, Gibran pasti sangat paham bahwa sukses penanganan Covid-19 di Indonesia termasuk di wilayah DKI Jakarta berkat kerja keras dan cerdas Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan ayah kandungnya sendiri.


"Menurut Kepala BNPB Ganip Warsito, saat ini negara Indonesia masuk rangking ke enam dunia yang dinilai terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19," kata Ahmad, Kamis, 16 September 2021, dilansir dari Netralnews.


Ahmad menegaskan, DKI Jakarta adalah salah satu provinsi di wilayah NKRI, sehingga penanganan pandemi-pun tidak terlepas dari strategi penanganan Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi selaku Kepala Pemerintahan RI.


"Dalam filosofi kepemimpinan jawa, akan dianggap wagu atau kurang etis kalau kita memuji-muji diri sendiri atau keluarga kita sendiri, sehingga pujian sukses penanganan Covid-19 itu diarahkan kepada Gubernur DKI," ujarnya.


"Tapi Gibran menyerahkan penilaian keberhasilan sukses Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi global Covid-19 tersebut kepada rakyat," jelas Ahmad.


Selain itu, Wakil Wakil Ketua MPR ini berpendapat, pujian Gibran secara tersirat mengingatkan agar Gubernur Anies juga bersikap jujur untuk mau mengakui kesuksesan kepemimpinan Presiden Jokowi dalam menangani pandemi Covid-19.


"Namun begitu juga sebaliknya, dengan pujian Gibran tersebut secara tersirat Anies Baswedan juga diharapkan bisa bersikap fair dan jujur untuk mau mengakui kesuksesan kepemimpinan Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Tanah Air termasuk di wilayah kerja Gubernur Anies karena DKI Jakarta bagian dari provinsi Negara Republik Indonesia dan bukan bersifat 'negara dalam negara," terangnya.


Sikap pemimpin yang jujur dan obyektif seperti itu, tambah Ahmad, sangat penting sebagai sarana pendidikan politik rakyat dan memperkuat etika kehidupan berbangsa dan bernegara.


"Sukses pembangunan nasional memang harus ada prasyarat adanya gotong royong antara pemerintah pusat dan daerah serta tidak boleh masing-masing jalan sendiri-sendiri," jelas Ketua Fraksi PDIP itu. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »