Headline

Opini

PADANG

Sports

Soal Rumahnya Terancam Digusur Sentul City, Rocky Gerung: Ini Soal Politik Pertanahan Nasional

          Soal Rumahnya Terancam Digusur Sentul City, Rocky Gerung: Ini Soal Politik Pertanahan Nasional

Soal Rumahnya Terancam Digusur Sentul City, Rocky Gerung: Ini Soal Politik Pertanahan Nasional
BENTENGSUMBAR.COM - Rumah Pengamat Politik Rocky Gerung di Desa Bojongkoneng, Babakanmadang, Kabupaten Bogor terancam digusur PT Sentul City Tbk. Rocky menilai masalah ini sudah menjadi isu politik pertanahan nasional. 


"Ini bukan sekedar rumah saya, ini soal politik pertanahan nasional. Yang juga menjadi sangat khusus karena menyangkut nama sentul," katanya di Channel YouTube Rocky Gerung Official, Minggu 12 September 2021. 


Lebih lanjut, Rocky Gerung menjabarkan PT Sentul City Tbk adalah salah satu perusahaan property besar yang banyak dipertanyakan. 


"Kok bisa Sentul City punya tanah seluas, mungkin separuh Kabupaten. Kira-kira begitu strateginya," kata Rocky Gerung. 


Sebab, kata Rocky Gerung, rumah dan tanah yang ditempatinya itu berada di satu lembah yang strategis berdekatan dengan kawasan dan hendak diambil Sentul City. 


"Sehingga orang mulai bertanya darimana dapat hak tanah. Kemudian Sentul City bertanya darimana saudara Rocky Gerung dapat hak tanah, saya bilang itu garapan dan pindah-pindah garapan dan surat-surat lengkap," ungkap Rocky Gerung. 


Lalu orang bertanya lebih lanjut, kata Rocky Gerung, kalau begitu Sentul City dapat darimana dapat tanah sebesar itu. 


"Emang punya nenek moyangnya, itu kata Fadli Zon. Jadi semua teman-teman saya menganggap bahwa ada yang tidak beres," ungkap Rocky Gerung. 


Maka dari itu, Rocky Gerung menganggap akan tetap mempertahankan haknya. Terkait, adanya anggapan Rocky Gerung menyerobot lahan Sentul City, menurutnya tidak ada hak milik. 


"Tidak ada hak milik atas tanah, di Indonesia hak milik itu bukan atas hak tanah. Kita nggak mungkin memiliki tanah, kita bisa memiliki hak diatas tanah itu, bukan terhadap tanah itu," kata Rocky Gerung. 


Tapi, kata Rocky Gerung, tanah itu yang memilikinya adalah alam, kalaupun ada hak milik di atas tanah, hak guna usaha, hak guna bangunan. 


"Nah Sentul City itu punya hak guna bangunan, yang dia klaim juga masih dipersoalkan oleh kantor BPN. Lalu orang bertanya, dia punya hak guna bangunan tapi dia nggak bikin bangunan disitu," kata Rocky Gerung. 


Sehingga, dipertanyakan juga Sentul City dapat tanah dari mana, maka dari itu Rocky Gerung menduga Sentul City dapat dari cara yang ilegal.


"Jangan-jangan dia (Sentul City) dapat dari calo yang lebih besar, yaitu calo aparat negara yang bermain dengan pejabat negara yang bermain dengan modalnya sentul, itu yang kemudian menjadi politis sebetulnya," papar Rocky Gerung. (Isubogor)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...