TMMD 2021 Sasar Lima Kabupaten di Sumbar

BENTENGSUMBAR.COM - TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD)tahun 2021 telah membantu pembangunan nagari/desa pada lima kabupaten di Sumatera Barat sehingga sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. "Tahun 2021 TMMD digelar tiga kali pada lima kabupaten sehingga manfaatnya terasa lebih luas," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat membuka TMMD ke-112 di Kabupaten Solok, Rabu, 15 September 2021.

TMMD ke-110 digelar di dua lokasi yaitu Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Padang Pariaman pada Februari-Maret 2021. TMMD ke-111 digelar pada satu lokasi yaitu di Kecamatan Mungka Kabupaten 50 Kota yang dilaksanakan pada Juni-Juli 2021.

Dan TMMD ke-112 dilaksanakan pada dua daerah yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Solok yaitu Nagari Koto Sani dan Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak yang dijadwalkan selama sebulan dari tanggal 15 September sampai 14 Oktober 2021.

Audy mengatakan TMMD merupakan program lintas sektoral untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri. Kriteria dan sasaran adalah daerah pedesaan yang tergolong daerah miskin atau daerah tertinggal, daerah terisolir, terpencil, daerah perbatasan atau pulau terluar atau daerah kumuh perkotaan atau daerah-daerah lain yang terkena dampak bencana.

Program TMMD adalah upaya untuk memberdayakan masyarakat desa dan nagari dengan membangun dan rehabilitasi sarana prasarana wilayah dan fasilitas sosial umum yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat setempat disamping itu juga untuk membantu pemerintah memberdayakan wilayah serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah untuk kepentingan pertahanan negara dan mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Program TMMD mewujudkan visi Presiden Jokowi untuk membangun infrastruktur dan ekonomi guna menjawab persoalan kemiskinan dan ketimpangan pembangunan. Program itu juga sejalan dengan visi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yaitu terwujudnya Sumbar Madani dan sejahtera dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Sementara itu Komandan Kodim 0309/Solok, Letnan Kolonel Reno Triambodo mengatakan TMMD kali ini mengambil tema "TMMD Mewujudkan Sinergi Membangun Negeri". Sasaran fisik pada TMMD di Kabupaten Solok diantaranya pembukaan jalan usaha tani sepanjang 1127,8 meter lebar 5 meter, pengecoran atau betonisasi jalan ke danau dengan panjang 252 meter dan lebar 3 meter.

Kemudian rehabilitasi irigasi Banda Karang dengan panjang 136 meter, rehab rumah tidak layak huni 5 unit dan rehab lapangan bola kaki. Personil yang terlibat masing-masing TNI 110 orang, personel polri 22 orang, Pemkab Solok 16 orang, kejaksaan negeri dua orang dengan jumlah total 150 orang. Anggaran kegiatan menggunakan APBD Kabupaten Solok tahun 2021. (Budi)

BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »