Headline

Opini

PADANG

Sports

Ungkap 4 Alasan Warga DKI Harus Dukung Interpelasi Formula E, Uki: Bau Amis Semakin Amis...

          Ungkap 4 Alasan Warga DKI Harus Dukung Interpelasi Formula E, Uki: Bau Amis Semakin Amis...

Ungkap 4 Alasan Warga DKI Harus Dukung Interpelasi Formula E, Uki: Bau Amis Semakin Amis...
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan juru bicara PSI Dedek Prayudi atau Uki menyampaikan sejumlah alasan mengapa warga Jakarta harus mendukung interpelasi yang diajukan PSI dan PDIP DPRD DKI terhadap Gubernur Anies Baswedan terkait pagelaran Formula E di Ibu Kota.


“Memang banyak sekali yang harus dijawab, yang harus dijelaskan oleh Pemprov DKI terkait pagelaran ini,” kata Uki dalam video yang diunggah di akun Twitternya, @Uki23, dilihat netralnews.com, Kamis, 2 September 2021.


Menurutnya, ada empat poin yang perlu dikritisi dari Pemprov DKI terkait ajang balap mobil mobil listrik yang kabarnya bakal digelar pada Juni 2022 itu.


Pertama, ia menyebut Formula E tidak ada di rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2017-2022 DKI Jakarta.


"Padahal Pak Gubernur sewaktu masih kampanye mengatakan bahwa hal pertama yang dilihat itu RPMJ tadi. Padahal ini nggak ada di RPMJ," ujarnya.


Kedua, Formula E tidak ada di Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 68 Tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Strategis Daerah.


"Yang ketiga, Formula E tidak memenuhi kriteria keadaan darurat atau keperluan mendesak," bebernya.


Terakhir, Uki mengungkapkan, hingga saat ini Pemprov DKI tidak melakukan kajian yang mendalam tentang potensi bisnis dan investasi dari pagelaran Formula E di Jakarta.


"Sehingga yang digembor-gemborkan (Pemprov DKI) selama ini kalau Formula E akan memberikan keuntungan bagi UMKM dan pedagang kecil dan lain-lain itu harus dibuktikan,” jelasnya.


Karena itu, Uki menegaskan bahwa dengan adanya interpelasi maka akan terungkap siapa yang paling diuntungkan dari ngototnya Pemprov DKI menggelar Formula E.


"Justru dengan adanya dengan interpelasi ini menjadi semakin jelas siapa yang diuntungkan, dan siapa yang paling diuntungkan dengan adanya pagelaran Formula E ini," ucap dia.


Lebih jauh, Uki membeberkan bahwa polemik Formula E ini semakin 'amis' ketika 7 Fraksi di DPRD DKI menyatakan menolak interpelasi setelah mereka dijamu makan malam oleh Anies Baswedan di rumah dinas Gubernur DKI pada Kamis, 26 Agustus 2021 lalu. 


"Bau amis ini kemudian menjadi semakin amis ketika kita disajikan penolakan interpelasi oleh 7 Fraksi DPRD DKI, dan itu terjadi setelah jamuan makan malam oleh Pak Gubernur yang melibatkan ke-7 Fraksi ini," pungkas Uki.


Diberitakan, Fraksi PDIP dan PSI DPRD DKI Jakarta resmi mengajukan surat usulan hak Interpelasi kepada Gubernur Anies soal Formula E. Surat tersebut disampaikan kepada Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, Kamis, 26 Agustus 2021.


Berbeda dengan PDIP dan PSI, 7 fraksi lainnya, yakni Fraksi Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, NasDem, Golkar, dan Fraksi PKB-PPP, justru kompak menyatakan tidak setuju atau menolak interpelasi Formula E.


Menariknya, penolakan itu disampaikan setelah perwakilan ke-7 fraksi itu dijamu makan malam oleh Anies Baswedan di rumah dinas Gubernur DKI di hari yang sama sesudah fraksi PDIP dan PSI mengumumkan 33 anggota menandatangani usulan hak interpelasi terkait Formula E.


Sekedar informasi, interpelasi adalah hak anggota legislatif untuk meminta keterangan pemerintah mengenai kebijakan yang dianggap penting serta berdampak luas. (netralnews)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...