Usai Ditegur Presiden Jokowi, Kapolri Instruksikan Polisi Beri Ruang Masyarakat Sampaikan Aspirasi

BENTENGSUMBAR.COM - Usai mendapat teguran dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan anggota kepolsian untuk melakukan pengamanan kunjungan kerja (kunker) Presiden Jokowi secara humanis dan tak reaktif. Hal itu tertuang dalam surat telegram (ST) nomor STR 862/IX/PAM.III/2021. 

Seperti diketahui, seorang peternak dan mahasiswa diamankan polisi karena menyampaikan aspirasinya melalui poster saat Presiden Jokowi melakukan kunjungannya.

Terkait ST Kapolri tersebut, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono pun memberikan menjelaskan lebih detail.

"Pertama, bahwa setiap pengamanan kunjungan kerja agar dilakukan secara humanis dan tidak terlalu reaktif," katanya, Rabu, 15 September 2021.

Kapolri, lanjut dia, meminta anggota kepolisian untuk memberikan ruang bagi masyarakat untuk dapat menyampaikan aspirasinya di ruang terbuka di saat ada rombongan Presiden.

"Dari setiap kegiatan, kepolisian setempat akan memberikan ruang kepada sekelompok masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya dan kita siapkan," ucap dia.

"Apabila ada kelompok masyarakat yang sampaikan aspirasi akan dikomunikasikan dengan baik bahwa tindakan aspirasi tidak boleh ganggu ketertiban umum. Kami sampaikan ke kelompok tersebut, kami kelola dan kami kawal sehingga semua berjalan baik dan lancar," jelasnya.

Sebelum penerbitan telegram itu, Presiden Joko Widodo menyatakan telah menegur Kapolri atas penindakan reaktif jajaran anak buahnya terhadap pelukis mural kritik pemerintah.

"Saya sudah tegur Kapolri soal ini," ujar Jokowi dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi media di Istana Kepresidenan, Rabu, 15 September 2021.

Jokowi juga mengaku tidak mengetahui perihal penangkapan, termasuk juga soal penghapusan mural. Namun dari informasi yang ia terima, tindakan represif itu merupakan inisiatif petugas di lapangan. Ia pun mengklaim tidak alergi terhadap kritik.

Salah satu warga yang sempat diamankan aparat adalah Suroto, peternak yang membentangkan spanduk protes ke iring-iringan Presiden saat berkunjung ke Blitar pada Selasa, 7 September 2021.

Poster yang ia bentangkan itu bertuliskan, "Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar." (Galamedia)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »