Banyak Orang Memanusiakan Tuhan, Cinta Laura: Akhirnya Jadi Radikal

BENTENGSUMBAR.COM - Cinta Laura Kiehl mendapat kesempatan untuk hadir di acara 'Aksi Moderasi Agama' yang digelar Kementerian Agama. Cinta tak hanya hadir, namun juga berkesempatan menyampaikan pidato di acara tersebut.

Aktris yang membintangi film The Philosophers ini membahas kehidupan toleransi beragama masyarakat di Indonesia. Salah satu yang menjadi fokus Cinta, yakni cara pandang masyarakat Indonesia yang masih sempit soal agama.

Cinta heran lantaran masih banyak orang yang berpikiran sempit dan seolah merasa paling tahu Tuhan. Hal ini yang dianggap Cinta sering kali menimbulkan radikalisme.

"Karena pemahaman yang terbatas dan pemikiran yang tidak kritis, orang-orang terjebak dalam cara berpikir di mana mereka telah memanusiakan Tuhan, merasa memiliki hak dalam mendikte kemauan Tuhan, merasa tahu pikiran Tuhan, dan merasa berhak bertindak atas nama Tuhan, inilah yang akhirnya sering kali berubah menjadi sikap radikal," ungkap Cinta dalam video pidato yang dibagikan di Instagram pribadinya, dikutip pada Rabu, 29 Oktober 2021.

Cinta mengaku duduk di bangku sekolah yang mengajarkan tentang keberagaman agama. Kesempatan untuk mengenal semua agama menjadikan Cinta paham tentang indahnya ajaran dari setiap agama yang ada.

"Saat saya sekolah dulu, saya diwajibkan untuk membaca semua kitab suci agama dari segi literatur dan juga filosofi, sehingga saya diberikan kesempatan untuk bisa memahami keindahan setiap agama," kata Cinta.

Memahami indahnya setiap ajaran agama dinilai Cinta memberikan pelajaran yang sangat berharga dalam kehidupan. 

Ia merasa jadi paham bahwa agama seharusnya menjadi kompas moral manusia.

"Dan sadar bahwa pada akhirnya fungsi terbesar agama adalah satu, yaitu untuk membimbing kompas moral manusia, untuk mengingatkan manusia bahwa kita harus memperlakukan satu sama lain dengan hormat, bahwa kita harus bersyukur dan bahwa kita semua harus sadar waktu kita di dunia ini hanyalah singkat dan terbatas," kata Cinta.

Pidato yang disampaikan Cinta ini mengundang decak kagum dari publik serta hadirin yang ada dalam acara tersebut. Bahkan Menteri Agama Yaqut Cholil mengaku terharu karena mendengar pidato Cinta.

"Yang saya banggakan Cinta Laura, yang memberikan pidato luar biasa dan menginspirasi. Tidak banyak anak muda Indonesia yang bisa memberikan dan mampu memberikan pidato dengan makna sedalam itu, saya pengin nangis tadi dengarnya, tapi saya malu ada istri saya," tutup Yaqut. (Insertlive)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »