PILIHAN REDAKSI

Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360

BENTENGSUMBAR.COM - Pengetahun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360...

Advertorial

Denny Siregar Bikin Polling Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru, Pemenangnya Ahok

          Denny Siregar Bikin Polling Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru, Pemenangnya Ahok
BENTENGSUMBAR.COM - Denny Siregar membuat polling tentang siapa yang paling tepat meminpin Badan Otorita Ibu Kota Baru. 

Dilansir dari Netralnews pada pukul 17.58, pemenang sementara adalah Basuki Tjahja Purnama atau Ahok dan meraih angka jauh melebihi lainnya.

“Ini ada 4 calon kepala badan otorita ibukota baru yang dipilih @jokowi.. Siapa yang paling cocok dari 4 orang ini?” kata Denny Siregar, Minggu 24 Oktober 2021.

Perolehan sementara tercatat: Bambang Brodjonegoro meraih angka 6.5%, Azwar Anas 4.6%, Basuki Tjahaya Purnama 87.7%, dan Karya Tumiyana 1.2%.

Sementara sebelumnya diberitakan, Pemerintah telah menyiapkan desain awal pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN). Termasuk untuk pengisian calon pemimpin di ibu kota barutersebut.

Namun pemerintah ingin ibu kota negara baru tidak dipimpin oleh seorang gubernur yang diseleksi lewat pemilihan kepala daerah, tapi oleh Kepala Otorita Ibu Kota Negara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung beberapa nama calon Kepala Otorita IKN, yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok beserta tiga nama lain dengan latar belakang berbeda. Diantaranya Menristek terakhir Bambang Brodjonegoro, pengusaha sapi Tumiyana, hingga Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

"Namanya kandidat memang banyak. Satu, pak Bambang Brodjonegoro, dua pak Ahok, tiga pak Tumiyana, empat pak Azwar Anas. Cukup," ujar Jokowi, seperti dikutip Liputan6.com, Sabtu (23/10/2021).

Merujuk Pasal 9 UU IKN, dituliskan bahwa penunjukan hingga pemberhentian Kepala Otorita IKN hingga sang wakil nantinya bakal jadi wewenang seorang presiden.

"Pemerintahan Khusus IKN dipimpin oleh Kepala Otorita IKN dan dibantu oleh seorang Wakil Kepala Otorita IKN yang ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan langsung oleh Presiden," bunyi Pasal 9.

Masa Jabatan 5 Tahun

Adapun Kepala Otorita IKN dan Wakil Kepala Otorita IKN kelak kan memegang jabatan selama 5 tahun terhitung sejak tanggal pelantikan dan sesudahnya, juga dapat ditunjuk dan diangkat kembali dalam masa jabatan yang sama.

"Kepala Otorita IKN dan/atau Wakil Kepala Otorita IKN sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dapat diberhentikan sewaktu-waktu oleh Presiden sebelum masa jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berakhir" tulis Pasal 10 ayat (2). (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...