PILIHAN REDAKSI

Ali Imron Pernah Minta Izin Ngebom Rumah Amien Rais, Denny Siregar: Harusnya Waktu Itu Jangan Ditangkap Dulu

BENTENGSUMBAR.COM – Pegiat media sosial Denny Siregar angkat bicara mengenai pengakuan pelaku Bom Bali 1. Pasalnya, Ali Imron d...

Iklan Bank Nagari

Gelar Pembinaan dan Bimbingan Teknis di Payakumbuh, Ketua TP-PKK Sumbar Ingatkan Peranan PKK

          Gelar Pembinaan dan Bimbingan Teknis di Payakumbuh, Ketua TP-PKK Sumbar Ingatkan Peranan PKK
BENTENGSUMBAR.COM –  Dalam meningkatkan peranan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), mulai dari tingkat kota/kabupaten, kecamatan dan desa serta kelurahan, TP PKK Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), yang dipimpin oleh Ketua, Ny. Harneli  Mahyeldi dan jajaran menggelar Pembinaan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan PKK Tahun 2021 ke Kota Payakumbuh.

Rombongan TP-PKK Provinsi Sumatera Barat yang datang disambut langsung oleh Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten III Amriul Datuak Karayiang, Wakil Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Machdalena beserta para jajaran TP-PKK Kota Payakumbuh.

“Pembinaan dan Bimtek ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan di Provinsi, yang gunanya untuk mengingatkan kembali peranan PKK di tiap daerah, sehingga diperlukan adanya koordinasi,”tutur Harneli saat menyampaikan sambutan di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(6/10).

Harneli dalam sambutanya juga mengingatkan tentang peranan penting dari TP-PKK yang ada di daerah dalam mensukseskan 10 program pokok PKK, yang mana apabila dapat diterapkan akan menjadi sukses daerah dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan warganya.

"10 program pokok PKK kalau terlaksana di kehidupan bermasyarakat akan menjamin kesejahteraan keluarga dimana program yang paling penting diperhatikan saat ini adalah program pola asuh anak. PKK harus berperan dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pola asuh anak yang saat pandemi ini memakai teknologi atau handphone dalam pembelajaran daring. Hal ini harus kita perhatikan dalam penggunaannya karena sudah banyak korban anak-anak yang telah melakukan penyimpangan karena kurangnya pengawasan dari org tua. Untuk itu tugas kita sebagai penggerak PKK memberikan pengarahan sehingga keluarga dapat memberikan pola asuh serta keteladanan yang benar terhadap anak agar mereka terhindar dari segala penyimpangan yang ada," katanya.

Ditambahkan Harneli, melalui Bimtek ini berharap kepada tim penggerak PKK Kota Payakumbuh ini agar melaksanakan pembinaan secara berjenjang pada kecamatan dan ke tim penggerak PKK dan kelurahan serta kelompok PKK di RW RT sampai ke kelompok dasawisma secara kontinu dan berkelanjutan di daerah," jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten III Amriul Datuak Karayiang mengatakan pembentukan karakter generasi muda dimulai dari keluarga, dimana peran ibu-ibu kader PKK, dalam mengayomi keluarga, lingkungan dan daerahnya, sehinga dengan tingginya pengaruh globalisasi yang negatif yang masuk kedaerah, supaya dapat ditangkal dari karakter generasi muda yang diciptakan oleh seorang ibu. Dan disisi lain pihaknya mendukung dan mengapresiasi kepada TP-PKK yang sudah bekerja secara maksimal dengan tulus dan ikhlas dalam melaksanakan berbagai kegiatan.

“Selaku mitra kerja pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan TP-PKK, diharapkan untuk selalu berkoordinasi dengan OPD terkait. Koordinasi ini untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dalam pelaksanaan kegiatan bidang pembinaan karakter keluarga,” jelasnya.

Pembina PKK berharap dengan dilaksanakannya kegiatan pembinaan dan bimbingan teknis TP-PKK di kota Payakumbuh ini dapat meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga di kota Payakumbuh.

Wakil Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, Ny. Machdalena Erwin Yunaz dalam ekspose kegiatan mengatakan agar kader PKK di setiap lini dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, sehingga peranan PKK yang diinginkan yang hadir di tengah masyarakat benar-benar dapat diimplementasikan.

Machdalena berharap dengan dilaksanakannya kegiatan pembinaan dan bimbingan teknis TP-PKK di kota Payakumbuh ini dapat meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga di Kota Payakumbuh menjadi lebih baik lagi

Seusai Bimtek, Acara dilanjutkan dengan Pengangkatan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan pemberian hadiah Lomba Gerakan PKK Tingkat Kota Payakumbuh dan Tingkat Provinsi Sumatera Barat. 

Ketua TP-PKK Kecamatan dilantik oleh Wakil Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Machdalena Erwin Yunaz dengan personil sebagai berikut :

1. Ny. Yuni Hartati Agus Rubiono, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Payakumbuh Selatan.

2. Syafni, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Lamposi Tigo Nagori

3. Ny. Desi Rahmayani Ul Fakhri, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Payakumbuh Barat.

4. Ny. Yolanda Jhonni Parlin, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Payakumbuh Utara.

Diakhir acara dilakukan pengumuman dan pemberian hadiah Lomba Gerakan PKK Tingkat Kota Payakumbuh dan Tingkat Provinsi Sumatera Barat sebagai berikut :

A. Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat

- Juara II Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 diraih oleh Bidang Pokja 1 TP-PKK Kelurahan Padang Tinggi Piliang

- Juara III Lomba Tertib Administrasi PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 diraih oleh Bidang Sekretariat Kelurahan Padang Tinggi Piliang

B. Juara I Lomba Ketua Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat diraih oleh Ibu Hj Zaidar Ketua Kelompok Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang.

C. Lomba Gerakan PKK Tingkat Kota Payakumbuh 

-Juara I diraih oleh TP-PKK Kel. Sungai Durian Kec. Lamposi Tigo Nagori

-Juara II diraih oleh TP-PKK Kel. Koto Tangah Kec. Payakumbuh Barat

- Juara III diraih oleh TP-PKK Kel. Parak Batuang Kec. Payakumbuh Barat

- Harapan I diraih oleh TP-PKK Kel. Padang Sikabu Kec. Lamposi Tigo Nagori

- Harapan II diraih oleh TP-PKK Kel. Padang Alai Bodi Kec. Payakumbuh Timur

D. Lomba Ketua Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Kota Payakumbuh. 

– Juara I diraih oleh Ibu Mendriwati, S.Pd Ketua Kelompok Dasawisma Mawar 7 Kel. Padang Karambia Kec. Payakumbuh Selatan

- Juara II diraih oleh Ibu Solihati Ketua Kelompok Dasawisma Delima 11 Kel. Koto Baru Kec. Payakumbuh Timur

-Juara III diraih oleh Ibu Beta Andriani Ketua Kelompok Dasawisma Melati 7 Kel. Koto Panjang Padang Kec. Lamposi Tigo Nagori

- Harapan I diraih oleh Ibu Rahmiwati Ketua Kelompok Dasawisma Duren 5 Kel. Koto Tangah Kec. Payakumbuh Barat

- Harapan II diraih oleh Ibu Roslina Ketua Kelompok Dasawisma Anggrek 10 Kel. Balai Panjang Kec. Payakumbuh Selatan

- Juara I Lomba Ketua Kelompok Dasawisma dinobatkan sebagai Duta Keluarga Pelopor Perubahan. (Hermiko)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...